Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Cacing di Dalam Makanan, IKEA India Dijatuhi Denda

Kompas.com - 04/09/2018, 16:22 WIB
Ervan Hardoko

Editor

NEW DELHI, KOMPAS.com - Ikea India dijatuhi hukuman denda setelah seorang pelanggan menemukan cacing di dalam hidangan nasi yang disajikan di toko perabotan di kota Hyderabad.

Abeed Mohammad mencuitkan pengalaman yang dialaminya pada Jumat (31/8/2018) dengan menyentil pemerintah setempat.

Setelah menyelidiki cuitan itu, pada Minggu (2/9/2018) para pejabat berwenang menjatuhkan hukuman denda 10.000 rupee sekitar Rp 2 juta terhadap IKEA.

Baca juga: 40.000 Orang Padati Pembukaan Perdana IKEA di India

Raksasa furnitur dari Swedia yang baru saja membuka toko pertamanya di India pada awal Agustus itu menegaskan, mereka sangat menyesalkan kejadian tersebut.

Cuitan Abeed Mohammad tersebut kemudian menjadi viral dan mendorong petugas pemerintah untuk mendatangi toko Ikea dan mengambil sampel berbagai hidangan yang disajikan di restorannya.

Seorang pejabat balai kota Hyderabad kepada surat kabar Deccan Herald mengatakan, toko itu telah didenda karena tidak menjaga standar kebersihan.

"Ada cacing di (salah satu) hidangan makanan. Manajemen IKEA telah mengakui bahwa ada masalah kebersihan dan kesehatan yang serius," kata pejabat itu.

Ikea baru saja memutuskan untuk menanamkan investasi di India selama 10 tahun ke depan senilai 15 miliar dolar AS atau sekitar Rp 223 triliun.

Baca juga: IKEA Ancam Para Remaja yang Tepergok Bermalam di Toko

Toko perdananya di Hyderabad yang berdiri di atas lahan seluas sekitar 5.000 meter persegi langsung dijejali para pelanggan.

Hyderabad adalah pusat teknologi India, tempat perusahaan-perusahaan raksasa dunia seperti Microsoft, Google, dan Facebook membuka kantor mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com