Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2018, 20:19 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com — Balon karikatur raksasa yang menggambarkan sosok Wali Kota London Sadiq Khan diterbangkan di atas wilayah Westminster pada Sabtu (1/9/2018) pagi.

Balon karikatur Wali Kota Khan yang mengenakan bikini berwarna kuning itu dimaksudkan sebagai aksi balasan atas penerbangan balon sosok Presiden AS Donald Trump yang diterbangkan bertepatan dengan kunjungannya ke Inggris, 13 Juli lalu.

Balon Wali Kota Khan tersebut pertama diprakarsai oleh Yanny Bruere, advokat kebebasan berpendapat.

Disampaikan Bruere, pendanaan untuk membuat balon tersebut diperoleh Bruere dari donasi melalui situs penggalangan dana dan telah terkumpul sebanyak hampir 60.000 poundsterling (sekitar Rp 1,1 miliar).

Baca juga: Balon Bayi Trump Raksasa Sambut Kedatangan Presiden AS ke Inggris

Bruere (28), asal Northhampton, mengatakan, awal mula dirinya memiliki gagasan untuk balon raksasa Khan berbikini kuning itu dari aksi yang dilakukan aktivis penentang Trump sebelumnya.

Saat itu, sebuah balon karikatur yang menggambarkan sosok Trump sebagai bayi berkulit oranye yang mengenakan popok dan memegang ponsel dan wajah yang marah.

Menurut Bruere, jika aktivis penentang Trump boleh melakukan hal tersebut, warga London yang mendukung Trump juga memiliki hak untuk aksi damai.

"Saya berpikir setidaknya rasa hormat pantas diberikan kepada Presiden Amerika, pemimpin dunia bebas, dan negara sekutu terbesar Inggris," kata Bruere dilansir AFP.

Sementara mengenai pemilihan bikini kuning yang dikenakan balon Khan, penyelenggara aksi mengambil referensi dari sebuah iklan pada 2016 yang dilarang jaringan transportasi London yang menampilkan sosok model perempuan mengenakan bikini kuning.

Poster iklan minuman protein itu dianggap memunculkan masalah kepercayaan diri kepada warga.

Setelah mendapatkan izin dari wali kota, balon Khan berbikini kuning itu diterbangkan selama 2 jam di Alun-alun Parlemen di Westminster dan menjadi daya tarik pengguna jalan yang melintas.

Baca juga: Balon Bayi Raksasa Bikin Trump Merasa Tak Diinginkan di London

Wali kota mengatakan kepada warga yang tertarik dipersilakan untuk turut menyaksikan aksi penerbangan balon karikatur dirinya itu.

"Jika orang-orang ingin menghabiskan akhir pekan mereka menatap saya dalam bikini kuning, mereka saya persilakan untuk melakukannya."

"Walaupun sebenarnya saya tidak benar-benar berpikir bahwa warna kuning cocok dengan saya," kata Khan kepada ITV News.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com