Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Ban Meletus, Truk Tabrak Bus dan Tewaskan Tujuh Orang

Kompas.com - 31/08/2018, 19:43 WIB
Retia Kartika Dewi,
Agni Vidya Perdana

Tim Redaksi

Sumber CNBC

ALBUQUERQUE, KOMPAS.com – Sedikitnya tujuh orang meninggal dalam kecelakaan yang melibatkan truk dan bus di New Mexico dekat perbatasan Arizona pada Kamis (30/8/2018). Sementara sebanyak 49 orang lainnya dilaporkan luka-luka.

Menurut pihak berwenang, laporan penyelidikan awal menyebut kecelakaan bermula akibat letusan ban truk trailer yang menyebabkannya hilang kendali dan menabrak bus penumpang.

Pihak berwenang belum dapat menyebutkan jumlah pasti korban maupun kondisi korban luka. Namun laporan media menyebut setidaknya tujuh orang meninggal dunia akibat insiden.

Laporan Kepolisian Negara Bagian New Mexico mengatakan, truk trailer melaju ke arah timur di jalan tol.

Baca juga: Kecelakaan Bus Wisata di Korea Utara, 32 Turis China Tewas

Mendadak salah satu ban truk meletus, mneyebabkan arah truk menyeberang ke lajur kanan dan menghantam bagian depan sebuah bus yang menuju Phoenix dari Albuquerque.

Badan Keselamatan Transportasi Nasional bekerja sama dengan Kepolisian Negara Bagian New Mexico tengah melakukan penyelidikan atas kecelakaan tersebut.

Melansir dari CNBC, sedikitnya sembilan penumpang bus dibawa ke Rumah Sakit Universitas New Meksiko (UNM) untuk mendapat penanganan medis. Namun, pejabat UNM tidak merilis rincian tentang kondisi pasien.

Sejumlah pengendara kendaraan yang menyaksikan kecelakaan yang terjadi mengungkapkan kondisi setelah insiden.

"Badan truk trailer terbalik dan kondisinya cukup parah, sementara bagian depan bus Greyhound hancur. Kursi dalam bus menjadi terhimpit semua. Bagian samping bus juga rusak parah," kata Eric Huff yang sedang menuju ke Grand Canyon bersama kekasihnya saat mereka menyaksikan kecelakaan itu.

Pengendara lain, Chris Jones, saat itu menuju ke barat di Interstate 40 ketika ia melihat sekilas truk trailer yang terbalik. Ia juga melihat sisa puing-puing dan berhenti untuk menolong sopir truk trailer dan mendudukannya di bahu jalan raya.

Baca juga: Kecelakaan Bus di Ekuador, 14 Orang Tewas dan 30 Orang Cedera

Kepada Chris, sopir truk mengatakan salah satu bannya meletus, membuat truk terpaksa membelok ke arah lalu lintas di dekatnya dan akhirnya menabrak bus dari sisi depan.

“Kami sepenuhnya bekerja sama dengan otoritas lokal dan juga akan menyelesaikan penyelidikan kami,” kata Crystal Booker, juru bicara Greyhound Bus dalam penyataannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com