Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang dan Korea Utara Diam-diam Sudah Bertemu di Vietnam

Kompas.com - 29/08/2018, 15:05 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe diketahui terus berupaya untuk dapat bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang tak kunjung terwujud hingga saat ini.

Namun ternyata, perwakilan Jepang dan Korea Utara telah bertemu secara diam-diam pada Juli lalu di Vietnam, tanpa memberitahu Amerika Serikat.

Diberitakan The Washington Post, Selasa (28/8/2018), pertemuan tersebut terjadi antara Kepala Kantor Penelitian dan Intelijen Kabinet Jepang, Shigeru Kitamura dengan pejabat senior Korea Utara untuk urusan reunifikasi, Kim  Song-hye.

Pertemuan antarpejabat kedua negara itu pun disesalkan pemerintah AS karena menganggap Jepang telah bersikap tidak berterus terang.

Baca juga: Korea Utara Bebaskan Turis Jepang karena Alasan Kemanusiaan

Padahal selama ini, Washington selalu menginformasikan perkembangan yang terjadi dalam pertemuan mereka dengan Korea Utara.

Dituliskan surat kabar tersebut, pejabat di Tokyo telah mengakui dilangsungkannya pertemuan tersebut.

Menurut mereka, pertemuan digelar membahas negosiasi untuk pengembalian orang-orang Jepang yang telah diculik Korea Utara.

"Pejabat Jepang mengatakan Tokyo tidak bisa hanya mengandalkan AS untuk bernegosiasi atas nama Jepang" tulis surat kabar tersebut.

Presiden AS Donald Trump, usai pertemuan bersejarah dengan Kim Jong Un, di Singapura pada Juni lalu, mengatakan bahwa dirinya telah mengangkat isu penculikan warga Jepang oleh Korea Utara dalam pertemuannya dengan Kim.

Namun dalam dokumen pernyataan bersama yang dikeluarkan kedua pemimpin negara tidak menyebutkan soal hak asasi manusia di Korea Utara maupun soal penculikan warga Jepang.

Sebelum pertemuan Trump dengan Kim, PM Abe telah menyampaikan kepada Presiden AS itu untuk menanyakan perihal penculikan sejumlah warga negara Jepang yang dilakukan Korea Utara pada 1970 hingga 1980-an.

Sementara Pyongyang mengatakan permasalahanya dengan pemerintah Jepang telah diselesaikan, meski menurut Tokyo justru sebaliknya.

Masalah penculikan warga Jepang oleh Korea Utara yang telah berlangsung selama puluhan tahun itu menjadi batu sandungan bagi Tokyo dalam menjalin hubungan diplomatik yang normal dengan Pyongyang.

Baca juga: Pemerintah Jepang Anggap Korea Utara Masih Jadi Ancaman Serius

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com