Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapi Bentrokan, Brasil Kerahkan Militer di Perbatasan Venezuela

Kompas.com - 29/08/2018, 08:40 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

BRASILIA, KOMPAS.com - Presiden Brasil Michel Temer menandatangani dekrit untuk mengirim tentara di perbatasan dengan Venezuela yang dilanda krisis, usai bentrokan yang terjadi baru-baru ini.

Temer mengatakan, kebijakan tersebut bertujuan untuk memberikan keamanan bagi warga Brasil dan imigran Venezuela yang melarikan diri dari negara mereka.

Dia menyebut krisis yang menimpa Venezuela sebagai momen tragis yang mengancam keharmonisan di hampir seluruh benua Amerika.

Baca juga: Sulit Dapat Pekerjaan di Peru, Puluhan Migran Venezuela Memilih Pulang

Temer menyerukan agar masyarakat internasional mengambil langkah diplomatik untuk menghentikan eksodus Venezuela yang dilanda krisis ekonomi dan politik, di bawah rezim pemerintahan Presiden Nicolas Maduro.

"Brasil menghormati kedaulatan negara lain, tapi kita haru ingat sebuah negara hanya berdaulat jika mengormati rakyatnya dan menjaga mereka," katanya, seperti dikutip dari AFP.

Awal bulan ini, lebih dari 100.000 migran asal Venezuela membanjiri perbatasan negara bagian Brasil, Roraima.

Bentrokan terjadi karena rumor penjaga toko setempat telah dipukuli secara brutal oleh para migran.

"Tidak hanya Brasil yang mendapat konsekuensinya, tapi Peru, Ekuador, Kolombia, dan negara Amerika Latin lainnya," ucap temer.

"Itulah kenapa kami mesti menemukan cara untuk mengubah situasi ini," imbuhnya.

Sekitar 60.000 warga Venezuela kini berada di Brasil, sementara Peru mulai mengetatkan perbatasan usai menyaksikan 400.000 orang masuk ke negara itu.

Baca juga: Krisis Ekonomi Venezuela Memaksa Warganya Beli Daging Busuk

PBB menyebut sekitar 2,3 juta warga Venezuela kini tinggal di luar negara mereka, dengan 1,6 juta dari mereka telah meningglkan Venezuela sejak 2015.

Sebagai negara kaya akan minyak, Venezuela justru memasuki tahun keempat resesi yang disebabkan oleh jatuhnya harga minyak pada 2014.

Sekitar 96 persen dari pendapatan negara dihasilkan melalui minyak mentah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com