Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2018, 22:25 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber SCMP

BEIJING, KOMPAS.com - Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Capital Airlines dengan tujuan Makau terpaksa mendarat darurat di bandara Shenzhen, Selasa (28/8/2018), tanpa dua roda pendarat.

Akibat pendaratan darurat ini, bandara Shenzhen yang terletak 40 kilometer sebelah timurlaut Makau terpaksa menutup salah satu landasan pacunya selama tiga jam.

Sejauh ini belum diperoleh keterangan bagaimana pesawat yang berangkat dari Beijing itu bisa mendarat dengan selamat tanpa dua roda di bandara Shenzhen pada pukul 11.58 waktu setempat setelah gagal mendarat di Makau.

Baca juga: Karena Ancaman Bom, 9 Pesawat Mendarat Darurat di 3 Negara

Ini adalah pendaratan kedua Capital Airlines dalam tiga hari terakhir setelah sebuah penerbangan maskapai ini terpaksa kembali ke bandara Kunming setelah 50 menit mengudara pada Minggu (26/8/2018).

Manajemen Capital Airlines mengatakan, roda depan pesawat Airbus A320 itu rusak saat mencoba mendarat di Makau dalam cuaca buruk. Akibatnya, pilot mengalihkan pendaratan ke Shenzhen.

Manajemen maskapai ini menduga pesawat itu dihantam angin kencang saat berusaha mendarat di bandara Makau.

Sementara itu, pengelola bandara internasional Baoan Shenzhen mengatakan, pesawat itu membawa 157 penumpang dan sembilan awak.

Akibat pendaratan darurat ini, lima orang penumpang pesawat mengalami luka ringan dan sudah menjalani perawatan.

Sedangkan menurut harian The Beijing News, pilot pesawat itu melaporkan adanya masalah di mesin sebelah kiri dan sistem komunikasi tak lama setelah membatalkan pendaratan di Makau.

Baca juga: Kaca Kokpit Retak Dihantam Badai, Tianjing Airlines Mendarat Darurat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com