Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Putih Akhirnya Kibarkan Bendera Setengah Tiang untuk McCain

Kompas.com - 28/08/2018, 12:09 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber BBC

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Gedung Putih akhirnya mengibarkan bendera setengah tiang untuk menghormati John McCain yang meninggal dunia pada akhir pekan lalu dalam usia 81 tahun.

Keputusan ini diambil Presiden Donald Trump usai dihujani kritik atas sikapnya terkait kabar kematian senator Partai Republik itu.

Tak hanya di gedung putih, semua bangunan milik pemerintah federal mengibarkan bendera setengah tiang pada Senin (27/8/2018).

Baca juga: Media Massa Rusia Beramai-ramai Kecam Mendiang John McCain

Meski demikian, Presiden Trump sama sekali tidak memberikan penghormatan terhadap politisi dan veteran perang itu, meski menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga John McCain.

"Meski secara kebijakan dan politik kami berseberangan, saya menghormati Senator McCain yang sudah mengabdi untuk negara dan untuk menghormatinya saya sudah memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di seluruh AS hingga hari pemakaman," demikian pernyataan Trump.

Namun, Trump menegaskan, dia tidak akan menghadiri pemakaman McCain yang akan digelar pada akhir pekan mendatang.

Untuk mewakili Trump, Gedung Putih akan mengirim para pejabat pemerintah termasuk kepala staf dan menteri pertahanan.

Sementara itu, dua mantan presiden George W Bush dan Barack Obama akan memberikan penghormatan untuk McCain dalam upacara pemakaman di Katedral Nasional pada Sabtu (1/9/02018).

Kembali soal pengibaran setengah tiang, secara tradisional jika seseorang dengan kaliber seperti John McCain meninggal dunia maka negara akan memberikan penghormatan.

Salah satu caranya adalah mengibarkan bendera setengah tiang di seluruh negeri hingga hari pemakaman sang tokoh yang meninggal dunia.

Terkait penghormatan terhadap John McCain, para senator dari Partai Republik maupun Demokrat meminta Gedung Putih mengikuti protokol yang sudah baku.

Baca juga: Trump Tak Izinkan Gedung Putih Beri Pujian ke Senator John McCain

Para pengkritik mempertanyakan mengapa setelah John McCain meninggal duia Gedung Putih belum mengibarkan bendera setengah tiang.

Kritikan semakin kencang setelah pada Senin, di saat bendera di seluruh bangunan pemerintah dikibarkan setengah tiang tetapi di Gedung Putih bendera masih berkibar satu tiang penuh.

 
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com