Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Landa Kerala, India Lakukan Operasi Penyelamatan Hewan Terbesar

Kompas.com - 23/08/2018, 08:54 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber BBC

KOCHI, KOMPAS.com - Banjir terburuk dalam satu abad terakhir di negara bagian Kerala, India, tak hanya membuat lebih dari satu juta penduduk terpaksa mengungsi.

Banjir yang sudah menewaskan 410 orang ini juga menyisakan kepedihan bagi nasib hewan-hewan peliharaan.

BBC mewartakan pada Kamis (23/8/2018), pasangan di kota Thrissur menolak untuk meninggalkan rumah tanpa membawa 25 anjing mereka. Ketinggian air bertambah dan anjing-anjing itu berkerumun di satu tempat tidur.

"Tetangga kami sudah dipindahkan ke sekolah dan tempat penampungan terdekat. Tim penyelamat bilang kami tidak bisa membawa anjing ke pengungsian," kata Sunitha.

Baca juga: Pakar Lingkungan Sempat Peringatkan Ancaman Banjir di Kerala

Petugas kemudian memanggil kelompok penyelamat hewan untuk membantu upaya evakuasi.

Sally Varma dari Humane Society International menyatakan, relawan segera turun dan membawa anjing-anjing ke penampungan khusus untuk hewan yang terkena dampak.

Tak hanya anjing-anjing milik Sunitha, petugas juga menyelamatkan ratusan hewan yang berada di area banjir.

Dalam unggahan di Facebook, Shravan Krishnan membagikan kisahnya menyelamatkan 18 anjing dari sebuah rumah di kota Kottayam.

Evakuasi terhadap hewan ini menjadi yang operasi penyelamatan hewan terbesar di India, di mana ratusan relawan dan tim penyelamat hewan menelusuri area terdampak banjir.

Media sosial dipenuhi video penyelamatan hewan yang dramatis, seperti seorang petugas yang mencopot jaket pelampungnya dan memakaikannya kepada seekor anjing Labrador.

Baca juga: Akibat Banjir Terburuk, Kini Satu Juta Penduduk di India Mengungsi

Jaket itu membantu si anjing untuk berenang ke dataran yang lebih tinggi. Ada juga video yang menunjukkan anjing basah kuyup dibawa keluar dari rumah dan kandang yang tergenang air.

Petugas juga menyelamatkan hewan lain seperti kucing, kambing, sapi, bebek, dan ular, kemudian membawanya dengan menggunakan perahu. Truk pengangkut pakan hewan dan obat-obatan telah mencapai distrik-distrik terdampak banjir.

"Kami mendapat lebih dari 100 panggilan sehari. Ratusan hewan yang dipindahkan ke lokasi lebih tinggi," ujar Anand Shiva dari Kerala Animal Rescue.

Lebih dari satu juta anjing dipelihara oleh penduduk di negara bagian Kerala, dan sepertiganya bebas berkeliaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com