Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cicipi Makanan Pesanan Pelanggan, Kurir di China Dipecat

Kompas.com - 20/08/2018, 16:51 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

SIHUI, KOMPAS.com - Seorang pria yang bekerja sebagai kurir pengantar makanan untuk aplikasi pesan antar populer di China, Meituan, dipecat setelah kedapatan mencicip makanan milik pelanggan yang diantarkannya.

Aksi kurir itu sempat terekam kamera pengawas di dalam lift, di mana pria itu terlihat dengan jelas membuka pesanan yang dibawanya dan mencicip sedikit makanan tersebut sebelum membungkusnya kembali.

Melansir dari SCMP, insiden tersebu terjadi pada Senin (13/8/2018) terjadi di kota Sihui, Provinsi Guangdong, China selatan.

Baca juga: Mantan Atlet Dayung Ini Kini Menjadi Kurir Go-Send agar Bisa Jadi YouTuber

Identitas kurir pria itu tidak diumumkan, namun rekaman video saat dia mencicip makanan di dalam lift menjadi viral setelah diunggah ke situs, Pear Video, Kamis (16/8/2018).

Dalam rekaman tersebut tampak kurir pria yang mengenakan rompi seragam berwarna kuning membuka kotak makanan dan mencicip sedikit isinya saat berada di dalam lift.

Aksi nakal kurir tersebut akhirnya mendapat tindakan tegas dari perusahaan aplikasi Meituan.

Pejabat humas Meituan, Xu, mengkonfirmasi insiden salah seorang staf kurir yang memakan makanan yang ditujukan untuk pelanggan.

"Atas kejadian ini kami telah mengambil tindakan tegas dengan memecat kurir tersebut. Kami juga mengumumkannya ke seluruh industri pengantar makanan sehingga dia akan dilarang dari bisnis ini," kata Xu.

Ditambahkannya, pihak perusahaan telah mengambil tanggung jawab atas insiden ini dan memberi kompensasi kepada pelanggan yang dirugikan.

"Kami menyampaikan permintaan maaf tulus kami. Kami juga akan menguatkan disiplin dan pelatihan kepada para kurir makanan di seluruh negeri, serta mempromosikan penggunaan segel makanan yang lebih baik," tambahnya.

Kasus pelanggaran yang dilakukan kurir makanan dari Meituan ini bukan kali pertama terjadi. Tahun lalu, salah seorang kurir di Shanghai juga dipecat setelah kedapatan memakan makanan milik pelanggan.

Baca juga: Seorang Wanita Telepon Layanan Pesan Antar untuk Usir Laba-laba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com