Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konvoi Bus Lansia Korsel Masuk ke Korut untuk Reuni Keluarga

Kompas.com - 20/08/2018, 11:07 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC,Yonhap

PYONGYANG, KOMPAS.com - Konvoi bus dari Korea Selatan (Korsel) dilaporkan memasuki wilayah Korea Utara (Korut) untuk bersiap mengikuti reuni keluarga.

Dilaporkan AFP Senin (20/8/2018), 89 orang tua dari Korsel beserta pendampingnya berangkat dari Sokcho menuju lokasi reuni di Gunung Kumgang.

Menaiki 14 bus, mereka dilaporkan terlihat melewati kawasan utara di Zona Demiliterisasi yang memisahkan Semenanjung Korea sejak Perang Korea 1950-1953.

Baca juga: Terpisah Sejak Perang, Para Lansia Korsel Bersiap Reuni Keluarga di Korut

Kantor berita Korsel, Yonhap memberitakan, beberapa dari lansia tersebut membawa oleh-oleh untuk orang tercinta mereka di Korut.

Begitu semangatnya bisa berjumpa dengan keluarga mereka, beberapa peserta reuni sudah menunggu di lobi hotel beberapa jam sebelum berangkat.

Salah satunya adalah Shin Jong-ho yang berusia 70 tahun. Dia mengaku bangun pukul 03.00 setelah tidur pukul 21.00 malam sebelumnya.

"Saya merasa sangat baik. Tak ada masalah kesehatan. Saya berharap semua berjalan lancar saat kami tiba," kata Shin.

Agenda reuni selama tiga hari tersebut bakal dimulai pukul 15.00 waktu setempat, kemudian diikuti jamuan makan yang diselenggarakan Korut.

Di hari kedua, mereka bakal bertemu kembali di pagi hari. Kemudian mereka bakal makan siang bersama di kamar peserta Korsel.

Total, ada enam agenda yang bakal diikuti para lansia itu hingga Rabu (22/8/2018) dengan total durasi pertemuan mencapai 11 jam.

Kebanyakan para peserta berusia antara 70 dan 80 tahun, dengan peserta tertua dilaporkan berumur 101 tahun.

Kebanyakan reuni itu bakal diikuti lansia dengan sepupu maupun keponakan. Pemerintah menyediakan 30 staf medis yang berjaga untuk mengantisipasi keadaan darurat.

Reuni keluarga merupakan hasil dari para petinggi Korut-Korsel pada April terkait isu kemanusiaan yang muncul pasca-perang.

Sejak 2000, dua Korea telah melaksanakan 20 reuni keluarga. Total ada 57.000 orang Korsel yang menunggu untuk bertemu keluarga mereka di Utara.

Baca juga: Pemerintah AS Segera Bentuk Satuan Tugas untuk Reuni Keluarga Migran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,Yonhap
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com