Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Pasir Bikin Kain Kiswah Penutup Kabah Tersingkap

Kompas.com - 20/08/2018, 08:16 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Sejumlah foto dan video yang beredar di media sosial memperlihatkan kain Kiswah yang melapisi Kabah tersingkap akibat badai yang menghantam Arab Saudi, Minggu (198/2018).

Kain Kiswah ini dibuat dari sutera dan dihiasi ayat-ayat Al Quran yang dijalin dengan menggunakan benang emas.

Setiap tahun kain Kiswah ini diganti di saat yang sama saat para jemaah haji berada di Gurun Arafah dalam rangkaian ibadah haji.

Baca juga: Badai Pasir Kembali Terjang Wilayah India, 39 Orang Tewas

Sementara badai pasir dan hujan masih diperkirakan masih akan terjadi di Arafah hingga Senin (20/8/2018) diwarnai kelembabandan suhu tinggi.

Menurut prakiraan yang dirilis Badan Meteorologi dan Perlingungan Lingkungan Arab Saudi, badai pasir dan hujan akan terjadi di Mekkah pada Senin malam.

Juru bicara badan meteorologi Hussain al-Qahtai mengatakan, fluktuasi cuaca akan berlanjut hingga puncaknya pada Senin sore.

Sejumlah wilayah Arab Saudi akan mengalami suhu amat panas yaitu hingga 43 derajat Celcius dengan kelembaban 65 persen.

Sedangkan juru bicara Direktorat Pertahanan Sipil Kolonel Muhammd Al-Qamash menegaskan, badai pasir di Arafah tidak mengganggu prosesi ibadah haji.

Baca juga: Badai Pasir Menyerang, Ajang Festival Film Arab Saudi Tertunda

"Ada sedikit kerusakan pada tenda para jamaah tetapi sudah diperbaiki. Kondisi secara keseluruhan di Tanah Suci amat stabil," ujar Al-Qamash.

Meski demikian, Al-Qamash mengimbau, agar para jamaah haji tetap mengikuti instruksi yang sudah diberikan pemerintah Arab Saudi.  


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com