Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan Buruk, 840 Jembatan di Perancis Terancam Ambruk

Kompas.com - 20/08/2018, 07:12 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Gulf News

PARIS, KOMPAS.com - Sebuah audit yang digelar pemerintah Perancis mengungkap fakta 840 jembatan di negeri itu mengalami rusak berat dan berisiko ambruk dalam beberapa tahun ke depan.

Presiden Emmanuel Macron sudah menjanjikan anggaran infrastruktur tetapi semakin ditekan menyusul ambruknya jembatan di Genoa, Italia yang menwaskan 43 orang.

Berdasarkan hasil audit yang dipublikasikan harian Journal du Dimanche, Minggu (19/8/2018), berarti tujuh persen dari 12.000 jembatan di negeri itu rusak berat.

Baca juga: Keluarga Korban Jembatan Ambruk Genoa Boikot Pemakaman Negara

Dan jika level pemeliharaan masih seperti saat ini maka ke-840 jembatan itu berpotensi ambruk dalam beberapa tahun mendatang.

Namun, audit itu tidak menyebut dibuan jembatan yang dikelola swasta atau pemerintah daerah, yang juga mengalami pemangkasan anggaran dalam beberapa tahun terakhir ini.

Pemerintahan Macron merilis rigkasan hasil audit ini bulan lalu dan menuding pemerintahan sebelumnyatidak mengucurkan cukup anggaran untuk infrastruktur.

Pemerintah menambahkan, meningkatnya kepadatan lalu lintas dan semakin seringnya terjadi cuaca buruk kian memperburuk kondisi.

Sementara itu, Menteri Transportasi Perancis Elisabeth Borne kepada lembaga penyiaran publik Franceinfo hanya mengatakan perawatan jembatan adalah prioritas utama pemerintah.

Borne juga mengumumkan rencana untuk menyelamatkan infrastruktur jalan termasuk jembatan dan terowongan dengan anggakan 1 miliar euro atau hampir Rp 17 triliun.

Dia juga menegaskan kembali rencana pemerintah untuk membuat undang-undang infrastruktur baru usai liburan musim panas.

Ambruknya jembatan di Genoa memberikan gambaran buruknya perawatan infrastruktur di Italia.

Baca juga: 4 Spekulasi Penyebab Ambruknya Jembatan di Italia

Investasi Italia dalam sektor infrastruktur menurun drastis di antara lima negara dengan perekonomia terkuat di Eropa.

Setelah dihantam krisis pada 2008, perekonomian Italia belum kembali seperti sedia kala. Demikian Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gulf News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com