Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Putin Berdansa di Acara Pernikahan Menlu Austria

Kompas.com - 19/08/2018, 09:28 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

VIENNA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladmir Putin memamerkan kemampuan berdansanya ketika menghadiri acara pernikahan Menteri Luar Negeri Austria Karin Kneissl pada Sabtu (18/8/2018).

AFP mengabarkan, Putin merupakan salah satu dari sekitar 100 tamu di pesta pernikahan Kenissl dengan pengusaha bernama Wolfgang Meilinger di desa Gamlitz yang indah di Austria bagian tenggara.

Putin mampir sejenak ke pesta pernikahan Kneissl sebelum bertolak ke Jerman untuk bertemu dengan Kanselir Angela Merkel.

Melansir Straits Times, Putin tiba dengan membawa buket bunga. Dia juga hadir dengan ditemani paduan suara Cossack yang akan tampil di acara tersebut.

Baca juga: Putin akan Hadiri Pernikahan Menteri Luar Negeri Austria

Kemudian, pemimpin Rusia itu menyempatkan diri berdansa dengan Kneissl dalam pesta tersebut.

Sejumlah gambar yang beredar menunjukkan perempuan berusia 53 tahun itu tampak tersenyum dengan balutan gaun putih, dan berbicara dengan Putin saat berdansa bersama.

Ratusan petugas polisi dikerahkan sepanjang acara berlangsung. Jalan dekat dengan bandara Graz ke Gamlitz terpaksa ditutup dua arah untuk menyambut kedatangan dan kepergian Putin dari lokasi acara pernikahan.

Kehadiran Putin di acara pernikahan Kneissl mengejutkan banyak orang di Vienna dan Moskwa, terlebih saat ini Uni Eropa sedang berselisih dengan Rusia atas aneksasi wilayah Crimea di Ukraina, dan juga masalah lainnya.

Di sisi lain, tidak ada laporan yang menyebutkan bahwa Kneissl memiliki kedekatan pertemanan dengan Putin.

Namun, dia dipilih oleh Partai Kebebasan (FPO), yang memiliki perjanjian kerja sama dengan Partai Rusia Bersatu yang setia kepada Putin.

Baca juga: Putin Akan Bertemu Kim Jong Un dalam Waktu Dekat

BBC melaporkan, ada perdebatan sengit di media Austria mengenai kehadiran presiden Rusia.

Anggota Partai Hijau negara tersebut menyerukan agar Kneissl mengundurkan diri karena mengundang Putin.

Beberapa politisi juga melontarkan keprihatinan mengenai biaya keamanan yang digelontorkan untuk mengamankan acara tersebut. Biaya tersebut tentu saja berasal dari uang para pembayar pajak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com