Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Semangat Kemerdekaan RI di Lima, Peru

Kompas.com - 18/08/2018, 08:26 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Semangat kemerdekaan dirasakan hingga di Peru. Hal ini terlihat saat upacara peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia di KBRI Lima, Peru.

Upacara dihadiri oleh masyarakat, diaspora, friends of Indonesia (FoI), staf, serta Dharma Wanita Persatuan KBRI Lima.

Ada tak kurang dari 125 warga Indonesia yang hadir dalam upacara ini. Mereka adalah rohaniwan, anak buah kapal (ABK), pekerja swasta, dan juga warga Indonesia yang tengah berlibur di Peru.

Di antara mereka pula, ada sekitar 40 ABK yang sengaja memilih cuti dari pekerjaan, khusus untuk mengikuti upacara ini.

Baca juga: 2.000 Lampion Merah Putih Semarakkan HUT Kemerdekaan RI di Solo

Mengusung tema "Kerja Kita, Prestasi Bangsa", Duta Besar RI di Lima Marina Estella Anwar Bey dalam amanatnya meminta warga Indonesia di Peru dan Bolivia untuk mendukung program pemerintah.

Tak kurang dari 125 masyarakat Indonesia mengikuti upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di KBRI Lima, Peru.DOKUMENTASI KBRI LIMA Tak kurang dari 125 masyarakat Indonesia mengikuti upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di KBRI Lima, Peru.

Tak lupa, dia berharap warga Indonesia dapat bekerja sebaik-baiknya untuk mencapai prestasi bangsa, dan mencerminkan citra positif Indonesia.

Suasana hangat perayaaan HUT RI diwarnai dengan pemotongan tumpeng oleh Marina yang diberikan kepada Munadi, komandan upacara.

Sementara, potongan pertama dari kue HUT ke-73 RI diberikan kepada Suster Ludgardis asal NTT, yang sedang menjalankan misi pelayanan di daerah Iquitos, Amazon.

Untuk pertama kalinya pula, KBRI Lima menyelenggarakan bazaar kuliner Indonesia yang juga menarik perhatian warga Peru.

Beragam makanan "langka" di Peru dapat ditemukan dalam acara ini. Ada siomay, tape ketan, sambal kering kentang, bakso, dadar gulung, tempe, dan otak-otak.

Warga Indonesia berbaur dalam keriaan usai upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di KBRI Lima, Peru.DOKUMENTASI KBRI LIMA Warga Indonesia berbaur dalam keriaan usai upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di KBRI Lima, Peru.

Baca juga: HUT Kemerdekaan RI di Papua, KKB Tembak Truk di Area Freeport

Kerinduan akan makanan Indonesia juga terobati dengan sajian nasi kuning, ayam bakar, sambal goreng udang, telur pindang, dan urap sebagai menú makan siang bersama.

Acara ramah tamah di KBRI Lima diisi dengan berbagai tarian tradisonal Indonesia oleh WNI, staf, dan keluarga besar KBRI Lima.

Tari Tortor dari Sumatera Utara, Ja’i dari NTT, dangdut, Poco poco dari Maluku, hingga Sajojo dari tanah Papua mengobati rasa rindu warga Indonesia akan Tanah Air.

Selain itu, suguhan itu pun membawa tamu warga negara asing mengenal Indonesia lebih dekat. 

Semarak kemerdekaan Indonesia juga disiarkan oleh Radio Filarmonia Peru melalui program berdurasi dua jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com