Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parade MIliternya Ditunda, Trump Pilih Pergi ke Paris

Kompas.com - 17/08/2018, 20:46 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan dia bakal menghadiri parade peringatan Perang Dunia I di Paris, Perancis, 11 November nanti.

Pernyataan itu disampaikan setelah dia memutuskan menunda parade militer yang sedianya dilaksanakan untuk merayakan Hari Veteran yang juga dihelat di tanggal yang sama.

Dalam kicauanya di Twitter, Trump mengatakan dia terpaksa menunda parade militer yang sudah diinginkan sejak 2017 karena harga yang terlalu tinggi.

Baca juga: Biaya Melonjak, Pentagon Tunda Rencana Gelar Parade Militer

"Politisi lokal yang mengelola Washington tahu bagaimana mereguk untung. Ketika kami menanyakan harga, mereka memberi angka konyol yang harus saya tolak," tuturnya.

Karena itu, dia memilih untuk menghadiri perayaan di Pangkalan Udara Andrews, dan ke Paris untuk merayakan para berakhirnya Perang Dunia I.

"Mungkin kami bakal melaksanakannya di DC setelah harga LEBIH MURAH. Saat ini, kami bakal fokus menambah jet tempur," ujar Trump dilansir AFP Jumat (17/8/2018).

Sebelumnya, Pentagon mengonfirmasi bahwa rencana menghelat parade militer yang diumumkan Februari lalu ditunda ke 2019.

Juru bicara Pentagon, Kolonel Rob Manning, menjelaskan harga yang melonjak menjadi alasan mengapa mereka tak jadi melaksanakan parade.

Awalnya, Gedung Putih telah memperkirakan biaya menggelar parade bakal berada di kisaran 30 juta dolar AS, sekitar Rp 437 miliar.

Namun, seorang pejabat Gedung Putih menyatakan terdapat lonjakan tiga kali lipat menjadi 90 juta dolar AS, atau Rp 1,3 triliun.

Keinginan Trump untuk melaksanakan parade sudah tertanam ketika dia menjabat pada 20 Januari 2017. Malah, saat itu dia meminta agar ada parade militer di pelantikannya.

Hasrat Trump untuk menggelar parade semakin menggebu setelah dia mengunjungi Perancis untuk menghadiri Peringatan Bastille.

Duduk di Champs-Elysees, Trump begitu terpesona dengan derap kuda maupun deru jet tempur Garda Republik Perancis.

Beberapa bulan pasca-kunjungan, pemimpin 71 tahun itu mulai menyuarakan keinginannya itu.

Presiden 72 tahun tersebut sempat menyatakan hendak menggelarnya pada 4 Juli yang merupakan peringatan kemerdekaan AS sebelum pindah ke 11 November.

Baca juga: Penuhi Keinginan Trump, Pentagon Gelar Parade Militer pada 11 November

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com