Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Inggris Klaim Cegat 6 Pesawat Pembom Rusia di Laut Hitam

Kompas.com - 16/08/2018, 15:15 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) dilaporkan mencegat dua pesawat pembom Rusia di kawasan Laut Hitam Senin (13/8/2018).

Dilaporkan Daily Mail Rabu (15/8/2018), RAF meluncurkan jet tempur Eurofighter Typhoon dari pangkalan Romania ketika mendeteksi adanya enam pengebom Sukhoi Su-24.

Baca juga: 2 Pesawat Pembom AS Terbang di Kawasan Laut China Selatan

"Sebelumnya, terdapat peningkatan aktivitas udara Rusia sepanjang malam dengan tujuan menuju Crimea," demikian penjelasan RAF.

Operasi tersebut, kata RAF, sesuai dengan Kebijakan Pengawasan Udara Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) bersama sekutu Romania.

"Jet tempur kami membantu menghalangi agresi Rusia. NATO berkomitmen menggalang pertahanan pada setiap negara sekutunya," ulas RAF.

Sementara Menteri Pertahanan Romania, Mihai Fifor, menyebut Negeri "Beruang Merah" telah meningkatkan aksi provokasinya.

Sebelumnya, RAF juga memblokade delapan pesawat tempur Rusia yang terbang di atas wilayah udara Inggris sepanjang dua tahun terakhir.

Klaim Inggris mendapat bantahan dari Kementerian Pertahanan Rusia, melalui kantor berita TASS via Russian Today.

Kemenhan menyatakan, Armada Laut Hitam Rusia memang menggelar latihan rutin. Namun, tidak ada Su-24 di kelompok tersebut.

Setelah melaksanakan latihan, empat jet tempur tersebut melihat adanya pesawat NATO yang berjarak 30 kilometer dari formasi mereka.

"Pesawat NATO itu tidak melakukan manuver maupun melakukan pendekatan ke jet tempur kami. Mereka langsung kembali ke markas," demikian penjelasan Kemenhan Rusia.

Baca juga: Ikut Latihan Perang di Rusia, China Kirim Jet hingga Pembom Strategis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com