Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajari Anak 6 Tahun Menyetir Mobil, Orangtua di China Didenda Rp 4 Juta

Kompas.com - 14/08/2018, 18:37 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Sepasang suami istri di China dilaporkan harus berurusan dengan otoritas berwajib karena mengajari anak mereka menyetir.

Dilaporkan SCMP Selasa (14/8/2018), dalam video yang beredar, pasangan itu mengajari anak mereka yang baru berusia enam tahun.

The Beijing News memberitakan, gadis kecil itu duduk di pangkuan ibunya, dan menyetir mobil di sepanjang jalan desa Xianning, Provinsi Hubei.

Baca juga: Sopir Taksi Ini Tertidur Selama Hampir Satu Menit saat Menyetir

Ayahnya yang duduk di sebelah merekam putrinya sambil terus memberikan kata semangat. Saat si gadis terlihat gugup di dekat jembatan, ayahnya menyuruhnya menurunkan kecepatan.

"Ketika kamu berhasil menyetir mobil di jalan desa, maka kamu bisa menyetir di jalan raya. Kamu sangat hebat," puji si ayah.

Video tersebut kemudian menjadi viral sehingga mengundang perhatian polisi lokal yang langsung melacak pasangan tersebut.

Polisi berhasil menemukan pasangan itu dan membawanya ke kantor polisi. Si ibu yang bermarga Ge berkata, putrinya langsung merangkak ke pangkuannya.

Suaminya yang memiliki marga Yu kemudian meminta istrinya untuk membiarkan putri mereka memegang kemudi selama satu menit.

Yu mengaku kaget ketika dia melihat videonya menjadi viral. Dia menjelaskan mengirim video tersebut kepada keluarganya saja.

"Saya pikir bakal sangat menyenangkan jika membagikannya bersama keluarga. Saya tak tahu jika mereka bakal menyebarkannya," kata Yu.

Setelah menerima teguran dari polisi, pasangan itu dilaporkan mendapat denda hingga 2.000 yuan, atau sekitar Rp 4,2 juta.

Sementara surat izin mengemudi Ge langsung dicabut. "Saya merasa sangat menyesal," pungkasnya.

Baca juga: Izinkan Bocah 10 Tahun Menyetir Mobil, Pria Ini Dipenjara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com