Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berusia 14 Tahun, Remaja Ini Calonkan Diri Jadi Gubernur di AS

Kompas.com - 14/08/2018, 16:58 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MONTPELIER, KOMPAS.com - Biasanya, remaja usia 14 tahun di Amerika Serikat (AS) bakal menghabiskan waktu bermain atau mencari pacar.

Namun, bagi Ethan Sonneborn, dia menghabiskan waktunya dengan mempersiapkan diri untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Negara Bagian Vermont.

Baca juga: Akankah Remaja 16 Tahun Ini Jadi Gubernur Termuda di AS?

Diwartakan AFP via Straits Times Selasa (14/8/2018), Sonneborn mencalonkan diri setelah konstitusi Vermont tak membatasi usia kandidat gubernur.

Kandidat yang berniat maju sebagai orang nomor satu di negara bagian sebelah timur laut AS itu minimal harus jadi penduduk di sana empat tahun terakhir.

Adapun Sonneborn lahir dan besar di Vermont. Dia bakal bertarung dalam pemilihan awal Partai Demokrat Selasa ini waktu setempat.

Dalam situs resminya, dia menyatakan dirinya sebagai kandidat dari kalangan keluarga pekerja kelas menengah.

Dia mengklaim mempunyai ide bagus dalam menangani isu reformasi kesehatan, pembangunan ekonomi dan pendidikan, meski harus diakui dia masih belum lulus SMP.

"Saya pikir saya adalah kandidat paling tepat untuk mewakili perubahan yang kami perlukan saat ini," ujar Sonneborn dalam wawancara televisi.

Dalam pemilihan Partai Demokrat, Sonneborn harus berhadapan dengan James Ehlers, veteran Angkatan Laut AS.

Kemudian terdapat Christine Hallquist, kandidat gubernur yang merupakan transgender, serta direktur sebuah festival dansa Brenda Siegel.

Gubernur Petahana Phil Scott dari Partai Republik berkata, dia mengakui kematangan serta pemikiran politik Sonneborn.

"Namun, kami harus melihatnya dengan sejujur-jujurnya. Setidaknya dia harus mendapatkan SIM sebelum menjadi gubernur," kata Scott.

Adapun Scott bakal bertarung dalam pemilihan kandidat gubernur Partai Republik melawan Keith Stern yang juga digelar Selasa.

Baca juga: Remaja Pelaku Penembakan SMA di Florida Mengaku Disuruh Setan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com