Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantai Kayu Ambrol saat Festival Musik di Spanyol, Ratusan Orang Luka

Kompas.com - 14/08/2018, 00:18 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

VIGO, KOMPAS.com - Sebuah jembatan kayu yang terletak di tepi pantai mendadak runtuh saat sekitar 300 orang berada di atasnya, membuat orang-orang berjatuhan dan tertimpa reruntuhan.

Insiden tersebut terjadi di Spanyol, tepatnya di tengah acara festival musik di kota Vigo, Minggu (12/8/2018) menjelang tengah malam.

Kepanikan pecah ketika ratusan pengunjung festival ikut terperosok bersama runtuhnya jembatan kayu yang dibangun pada 1990-an itu.

Wali Kota Vigo, Abel Caballero mengatakan, lebih dari 300 orang terluka, termasuk sembilan orang yang dilaporkan dalam kondisi serius.

Jembatan kayu tersebut berukuran lebar 10 meter dengan panjang 30 meter yang menjorok ke arah laut.

Baca juga: Gara-gara Pulau Kosong Ini, Spanyol dan Maroko Nyaris Berperang

Orang-orang yang tengah menonton pertunjukan artis pengisi acara festival banyak yang berhenti di tengah jembatan sehingga menimbulkan kemacetan.

Tim penyelamat yang dilengkapi kamera infra merah menyisir lokasi ambrolnya jembatan selama tiga jam untuk memastikan tidak ada orang yang masih terperangkap di bawah reruntuhan, sementara penyelam mencari di dekat laut.

"Petugas polisi dapat dengan cepat mengeluarkan orang-orang dari lokasi tersebut," kata wali kota dalam wawancara dengan televisi publik Spanyol TVE, Senin (13/8/2018).

"Tapi ada dua orang yang terperangkap reruntuhan, petugas pemadam kebakaran harus menyingkirkan puing-puing sebelum dapat mengeluarkan mereka," lanjutnya.

Wali kota mengatakan belum mengetahui secara pasti penyebab runtuhnya lantai jembatan yang dibangun hampir 20 tahun lalu itu.

Namun harian lokal, El Faro de Vigo, melaporkan, insiden terjadi tak lama setelah artis rap Spanyol Rels B yang tengah tampil mengajak kepada penonton untuk melompat-lompat pada awal pertunjukkannya.

Pernyataan resmi pemerintah daerah Galicia, di mana kota Vigo berada, mengatakan sebanyak 316 orang terluka, termasuk sembilan serius. Sebagian besar korban mengalami luka ringan, terutama memar.

Baca juga: Mangkir Kerja 10 Tahun, Seorang Pegawai Negeri di Spanyol Dipecat

"Korban yang mengalami luka serius, termasuk dua anak di bawah umur yang mengalami patah tulang atau cedera kepala. Namun luka mereka tidak membahayakan nyawa," kata Menteri Kesehatan Regional Galicia, Jesus Vazquez Almuina.

Festival musik yang digelar adalah bagian dari festival dua hari, O Marisquino, di kota Vigo, yang menarik hampir 300.000 turis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com