Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Suporter Alami Kecelakaan di Ekuador, 12 Penumpang Tewas

Kompas.com - 13/08/2018, 16:16 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

GUAYAQUIL, KOMPAS.com - Sebuah bus yang membawa penumpang suporter klub sepak bola lokal Ekuador, Barcelona Sporting Club mengalami kecelakaan pada Minggu (12/8/2018).

Akibat kecelakaan sebanyak 12 penumpang dilaporkan meninggal dunia, sementara 30 lainnya mengalami luka-luka.

Melansir dari AFP, bus tersebut sedang dalam perjalanan kembali ke kota Guayaquil, setelah menghadiri pertandingan turnamen lokal di kota Cuenca.

Komisi Angkutan Ekuador (CTE) dalam pernyataannya melaporkan, bus tersebut tampaknya keluar jalur dan kemudian terbalik.

Baca juga: Kecelakaan Bus Wisata di Korea Utara, 32 Turis China Tewas

Pihak berwenang semula mengumumkan sebanyak 10 orang meninggal dan 35 mengalami luka-luka dalam kecelakaan bus tersebut. Namun kemudian dipastikan bahwa korban tewas adalah 12 orang dan 30 lainnya luka-luka.

Salah seorang saksi mengatakan kepada stasiun televisi lokal Teleamazonas, bahwa bus tampak mencoba menyalip kendaraan lain tepat sebelum kecelakaan terjadi.

Sementara otoritas keamanan transportasi mengungkapkan bahwa bus telah melalui pemeriksaan terbaru, sehingga besar dugaan kecelakaan disebabkan oleh kesalahan manusia.

Gubernur Provinsi Guayas Jose Fransisco Cevaloss, yang juga merupakan mantan kiper nasional Ekuador, menyampaikan bela sungkawa atas kecelakaan tersebut.

"Kami mendapat kabar tentang kecelakaan yang melibatkan para suporter kami. Atas kejadian ini kami turut berbela sungkawa," tulis Cevaloss, yang juga presiden Barcelona Sporting Club, dalam akun media sosialnya.

"Kami memerintahkan agar dilakukan proses pengangkutan jenazah korban tewas secepatnya agar dapat segera dimakamkan," tambahnya mantan menteri olahraga Ekuador itu.

Para suporter tersebut dalam perjalanan pulang usai menyaksikan pertandingan antara klub kebanggaan mereka, Barcelona SC melawan Deportivo Cuenca pada Minggu (12/8/2018).

Ucapan belasungkawa juga turut disampaikan tim Deportivo Cuenca melalui akun Twitter-nya, sembari menambahkan doa agar para korban luka segera pulih.

Baca juga: Kecelakaan Bus di Ekuador, 14 Orang Tewas dan 30 Orang Cedera

Kecelakaan lalu lintas masih menjadi salah satu penyebab utama kematian di Ekuador.

Menurut kelompok pengawas Justicia Vial, rata-rata tujuh orang tewas dan sekitar 80 orang terluka setiap hari dalam kecelakaan lalu lintas. Dari jumlah tersebut, 96 persen kecelakaan disebabkan kesalahan manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com