Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Krisis Diplomatik dengan Saudi, Jemaah Haji dari Kanada Cemas

Kompas.com - 13/08/2018, 11:52 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

OTTAWA, KOMPAS.com - Penduduk muslim Kanada mengaku cemas mengenai krisis diplomatik negaranya dengan Arab Saudi akan mempengaruhi perjalanan ibadah haji tahun ini.

Melansir The Star, Minggu (12/8/2018), biro perjalanan Eco Travels di Kanada menyebutkan, banyak penduduk Kanada memilih melakukan ibadah haji melalui penerbangan dari negara lain di Eropa.

Di sisi lain, jemaah mengaku tetap khawatir tentang penerimaan mereka ketika sampai di Saudi.

"Orang-orang agak khawatir karena kemungkinan reaksi saat berada di sana," ucap Aminah Aboughoushe, karyawan Eco Travels.

Baca juga: Buntut Krisis Diplomatik, Pasien Saudi di Kanada Dipindahkan ke AS

"Yang terbaik adalah, jangan membicarakan politik dengan penduduk setempat," imbuhnya.

Beberapa biro perjalanan lain terpaksa mengubah tiket menuju Saudi karena kebanyakan jemaah memesan penerbangan dari Toronto.

"Kami tidak punya penerbangan langsung ke Arab Saudi. Penerbangan kami akan menuju ke Eropa dengan maskapai Air Canada," kata Aboughoushe.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dewan Nasional Muslim Kanada (NCCM), penduduk Kanada yang dijadwalkan berpergian ke dan dari Saudi menggunakan maskapai Saudia Arabian Airlines atau Saudia harus kembali setelah 13 Agustus 2018.

Mereka harus menghubungi untuk maskapai penerbangan atau agen perjalanan masing-masing guna mencari alternatif perjalanan pulang.

Maskapai Saudia akan menangguhkan semua penerbangan langsung ke Toronto pada pekan depan.

Baca juga: Terkait Saudi, Kanada Diam-diam Minta Bantuan Jerman dan Swedia

"Turis yang gagal membuat pemesanan tiket alternatif bakal dicegah kembali ke Kanada sehingga berisiko terjebak di Saudi untuk waktu yang tidak ditentukan," kata juru bicara NCCM, Leila Nasr.

Arab News melaporkan, sebanyak lebih dari 1,3 juta jemaah haji diperkirakan akan sampai di Saudi pada tahun ini selama penyelenggaraan ibadah haji.

Pemerintah Saudi akan memulai ibadah haji pada 19 Agustus 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com