Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman di Perancis Rekrut Burung sebagai Pemungut Sampah

Kompas.com - 12/08/2018, 13:13 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber BBC,AFP

LES EPESSES, KOMPAS.com - Sebuah taman bersejarah di Perancis memiliki "karyawan" yang berbeda dari biasanya, yang bertugas memungut sampah-sampah kecil yang ditinggalkan oleh pengunjung.

Taman Puy du Fou, yang berlokasi di Les Epesses, Vendee, Perancis barat, mempekerjakan enam ekor burung terlatih.

Enam makhluk berbulu itu memiliki tugas khusus, yakni memungut dan mengumpulkan sampah-sampah kecil, seperti puntung rokok maupun bungkus makanan, yang banyak ditinggalkan para pengunjung taman.

Baca juga: Burung Gagak di Jepang Curi Kartu Kredit untuk Beli Tiket Kereta

Burung-burung sejenis gagak Eurasia itu kemudian akan mengumpulkan sampah-sampah itu pada kotak khusus, yang secara otomatis akan mengeluarkan pakan burung setiap kali ada sampah yang dimasukkan ke dalamnya.

"Tujuan utamanya sebenarnya bukan hanya untuk kebersihan, karena sebagian besar pengunjung sudah memahami dan ikut menjaga kebersihan taman," kata Kepala Pengelola Taman Puy du Fou, Nicolas de Villiers.

"Tapi sekaligus ingin menunjukkan bahwa alam dapat mengajarkan kepada kita pentingnya menjaga kebersihan lingkungan," lanjutnya dilansir AFP.

Nicolas menambahkan, burung-burung tersebut yang masih masuk dalam keluarga burung gagak, terkenal dengan kepandaiannya.

"Burung-burung itu bahkan senang berinteraksi dengan manusia, membangun ikatan melalui permainan," kata Nicolas.

Saat ini baru seekor burung yang resmi "bertugas" di taman tersebut. Namun ke depan direncanakan akan ada setidaknya enam ekor burung yang bekerja mengumpulkan sampah.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa burung gagak memiliki tingkat kecerdasan tinggi dibandingkan burung-burung lainnya. Gagak juga memiliki kemampuan dalam mengingat.

Taman Puy du Fou telah menarik lebih dari 2 juta pengunjung setiap tahun, menjadikannya taman hiburan paling populer kedua di Perancis setelah Disneyland Paris.

Baca juga: Pantai Tercemar Alkohol dari Pabrik Miras, Puluhan Burung Camar Mabuk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com