Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2018, 20:25 WIB
Heru Margianto

Editor


JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda mengunjungi Thailand, baik untuk memasukkan Nong Nooch Tropical Garden dalam daftar kunjungan Anda. Nong Nooch Tropical Garden merupakan salah satu destinasi wisata populer di Thailand yang dikunjungi lebih dari 5.000 wisatawan setiap hari.

Lokasinya ada di Pattaya, Provinsi Chonburi, 165 km dari Bangkok atau sekitar 2,5 jam perjalanan darat. Taman ini dikenal sebagai salah satu taman tercantik di dunia dan telah menerima beberapa penghargaan.

Awalnya, area Nong Nooch Garden adalah perkebunan buah-buahan. Terinspirasi taman-taman yang populer di dunia, Pisit dan Nongnooch Tansacha, pasangan suami istri pemilik Nong Nooch Tropical Garden kemudian mengubah tempat ini menjadi taman tropis dengan bunga dan tanaman hias.

Pada awal tahun 1980 Taman Nongnooch dibuka untuk umum. Sejumlah atraksi untuk turis ditampilkan, antara lain pertunjukan budaya Thai dan atraksi gajah, serta fasilitas bagi turis lainnya seperti rumah makan, kolam renang, serta gedung dan ruang untuk acara.

Setelah tiga tahun dibuka untuk umum, kepemilikan Nongnooch Garden hingga kini jatuh ke putranya yaitu Kampol Tansajja.

Persahabatan dua negara

Tak banyak yang tahu, ternyata ada “secuil Indonesia” di sudut-sudut taman seluas 6.000 hektar ini. Sebagian besar tanaman yang ada di sana berasal dari bumi Nusantara, antara lain palem sikas, palem merah, dan jenis palem lainnya.

Salah satu sudut Nong Noch Tropical Garden di Pattaya, Thailand.THINKSTOCK Salah satu sudut Nong Noch Tropical Garden di Pattaya, Thailand.

Sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih atas koleksinya, Nongnooch Garden mengadakan program “Corporate Social Responsibility” dalam bentuk penanaman pohon dan pembuatan taman di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Wisma Duta Besar di Bangkok tanpa biaya pada 11 Agustus 2018.

Lewat taman dan pohon yang ditanam diharapkan dapat memperkuat persahabatan Indonesia-Thailand dan memperluas kerja sama antar rakyat kedua negara.

“Program penanaman pohon dan pembuatan taman oleh Nongnooch Garden merupakan inisiatif yang sejalan dengan upaya KBRI, khususnya konsep lingkungan perkantoran yang hijau,” kata Duta Besar Indonesia untuk Thailand Ahmad Rusdi dalam pernyataan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (12/8/2018).

Kampol Tansajja, pewaris yang menjadi pemilik Nongnooch Garden, menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dan terima kasih kepada rakyat Indonesia atas koleksi tanaman Nong Nooch Garden yang sebagian besar berasal dari Indonesia.

Salah satu kedutaan terluas

KBRI Bangkok merupakan salah satu kedutaan terluas di Bangkok, sekitar 2,5 hektar. Lokasinya di jantung Kota Bangkok, di Jalan Petchburi, Pratunam. Dengan area yang luas di tengah lingkungan perniagaan di jantung kota Bangkok, KBRI menjadi perhatian bagi kalangan diplomatik dan warga setempat.  

Mengingat tidak terlalu banyak area hijau di sekitarnya, KBRI selalu berupaya membuat asri lingkungannya. Gedung KBRI dan Wisma Duta Besar dulunya merupakan tempat tinggal Prince Chumbotpongs Paribatra. Lingkungan yang asri dan taman yang sedap dipandang mata adalah warisan yang selalu dijaga pihak KBRI di tengah kota Bangkok yang padat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com