Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Dalam Botol Berusia 94 Tahun, Ungkap Kisah Petualangan Dahsyat

Kompas.com - 10/08/2018, 18:38 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

TORONTO, KOMPAS.com - Seorang mkahasiswa menemukan  sebuah dalam botol berusia 94 tahun yang dihanyutkan seorang remaja yang ikut dalam sebuah petualangan.

Grant Peters (26), asal Toronto, Kanada, menemukan botol yang setengah terkubur pasir di Teluk Post Office di Pulau Floreana, Kepulauan Galapagos.

Di dalam botol itu terdapat gulungan kertas yang sudah terlihat termakan usia tetapi untungnya masih bisa dibaca. Gulungan surat itu tertaggal 1 Agustus 1924.

"Hugh Craggs, kapal St George RTYC. Barang siapa menemukan pesan ini, kuburkan kembali dan kirimkan kartu pos kepada Hugh Craggs 50 Ruskin Ave Manor Park London E12," demikian tulisan di dalam gulungan kertas itu.

Baca juga: Surat Dalam Botol Paling Tua di Dunia Ditemukan di Australia

Bertekad ingin mencari tahu soal sang pemilik surat dalam botol itu setelah menemukannya pada Mei lalu, Grant kemudian mencari bantuan lewat sebuah forum medsos Reddit.

Di situlah misteri sosok Hugh Craggs terungkap. Kisah petualangannya, pencarian harta karun bajak laut, serta pertemuannya dengan hewan-hewan buas, dan suku-suku asing.

Pada 1922, Hugh Crabbs yang berusia 18 tahun saat itu dan tiga saudara laki-lakinya tinggal di London Timur bersama ibunya, Imogen.

Sementara ayah mereka John, seorang inspektur Scotland Yard dan juga seorang penyair, telah meninggal dunia.

Hugh, yang bekerja di sebuah pabrik kaus kaki, bosan dengan kehidupannya yang monoton dan menginginkan petualangan.

Dia lalu mencoba bergabung dengan ekspedisi ke Antartika yang dipimpin Sir Ernest Shackleton.

Sayangnya, Hugh tak terpilih menjadi kru ekspedisi itu tetapi dia kemudian melihat sebuah iklan lowongan pelayan dalam ekspedisi yang dipimpin Dr Cyril Lockhart Cottle.

Ekspedisi ini akan berangkat dari London dengan menggungakan kapal layar bertiang dua berbobot 90 ton bernama Malaya.

Baca juga: Surat dalam Botol Diterima Cucu Setelah 101 Tahun

Hugh lalu mengirim telegram kepada Dr Cottle untuk meminta waktu bertemu. Singkat cerita antusiasme Hugh membuatnya diterima dengan mengalahkan 2.000 orang pelamar lainnya.

"Saya sudah lama memimpikan petualangan dan akhirnya saya mendapatkan petualangan itu," kata Hugh kepada sebuah harian beberapa saat sebelum berlayar.

"Kami pergi selama kurang lebih tiga tahun. Saya harap menemukan semua hal yang pernah saya baca. Binatang buas, suku-suku asing, bertempur dengan suku asli, kami siap untuk segalanya," tambah Hugh.

Halaman:
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com