Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih di Bawah Pemerintahan Taiwan, Pulau Ini Justru Impor Air dari China

Kompas.com - 08/08/2018, 21:26 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

TAIPEI, KOMPAS.com - Otoritas Pulau Quemoy yang masih berada di bawah Pemerintahan Taiwan telah menjalin kerja sama impor air bersih dari wilayah China daratan.

Dalam kesepakatan kerja sama antara pemerintah Pulau Quemoy dengan pemerintahan Fujian tersebut, akan memasok air sebanyak 34.000 meter kubik per hari untuk memenuhi kebutuhan penduduk pulau.

Perjanjian tersebut sebenarnya telah ditandatangani sejak 2015 lalu dan berlaku hingga 30 tahun ke depan.

Acara peresmian telah dilangsungkan pada Minggu (5/8/2018) lalu di Waduk Tianbu untuk menandai dimulainya pengiriman air ke wilayah Pulau Quemoy tersebut.

Baca juga: Bersiap Hadapi China, Taiwan Ingin Tingkatkan Anggaran Militernya

Melansir dari SCMP, air yang dialirkan tersebut berasal dari Danau Longhu di kota Jinjiang, Provinsi Fujian, China, yang merupakan danau terbesar kedua di provinsi itu.

Ke depan diharapkan, volume pasokan air yang dialirkan melalui pipa bawah laut sepanjang 28 kilometer tersebut akan dapat terus ditingkatkan hingga mencapai 55.000 kubik meter per hari.

Menurut pejabat Quemoy, pasokan harian air tersebut akan cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih penduduk pulau selama 24 jam.

Pulau Quemoy, meski masih berada di bawah kuasa pemerintah Taipei, namun secara geografis berada lebih dekat dengan wilayah China daratan, yang hanya sekitar dua kilometer dari kota Xiamen di Fujian.

Dewan Urusan China Daratan Taiwan telah meminta kepada pemerintah pulau Quemoy untuk menunda dan menyederhanakan acara peresmian tersebut karena hubungan dengan Beijing yang terus memanas.

Namun Hakim Wilayah Quemoy, Chen Fu-hai mengatakan, penduduk pulau itu membutuhkan pasokan air baru dari daratan.

"Pasokan air ini adalah awal dari tiga hubungan baru di Selat Taiwan, dan untuk perkembangan Kinmen kami berharap akan dapat memperoleh pasokan listrik serta jembatan yang menghubungkan Kinmen dengan Fujian di masa depan," kata Chen dalam acara peresmian tersebut, dikutip kantor berita semi-resmi Taiwan.

Baca juga: China Desak Washington Larang Presiden Taiwan Transit di Bandara AS

Chen menambahkan, Quemoy bisa menjadi contoh untuk membangun perdamaian antara Taiwan dengan China.

Namun Dewan Urusan China Daratan menegaskan bahwa pemerintah Quemoy tidak dapat bertindak sendiri mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan lintas selat, yang harus disetujui pemerintahan Tsai Ing-wen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com