Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Warga AS Gugat Maskapai Penerbangan Aeromexico

Kompas.com - 07/08/2018, 19:53 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

CHICAGO, KOMPAS.com - Sebanyak 11 orang warga AS yang selamat dari kecelakaan pesawat milik maskapai penerbangan Aeromexico pada 31 Juli lalu menggugat manajemen maskapai itu, Senin (6/8/2018).

Demikian disampaikan kantor pengacara Corboy & Demetrio yang berbasis di kota Chicago, Amerika Serikat.

Pesawat Embraer 190 yang seharusnya terbang ke Mexico City jatuh di tanah penuh semak belukar tak jauh dari landasan pacu beberapa saat setelah lepas landas.

Para penumpang menggambarkan kondisi saat itu amat berangin dan turun hujan es. Seluruh 103 penumpang dan awak berhasil menyelamatkan diri sebelum pesawat itu terbakar.

Baca juga: Penumpang Rekam Detik-detik Jatuhnya Pesawat di Meksiko

Setidaknya 65 orang penumpang dalam pesawat Aeromexico nomor penerbangan 2341 adalah warga AS, termasuk yang berasal dari Chicago.

"Seluruh penumpang pesawat berhak mengetahui penyebab jatuhnya pesawat. Sebuah pesawat tidak mungkin jatuh begitu saja karena hujan deras," ujar Thomas A Demetrio, kuasa hukum para penggugat.

Sejauh ini manajemen Aeromexico belum memberikan komentar.

Sementara itu, Direktur Badan Penerbangan Sipil Meksiko Luis Gerardo Fonseca kepada Radio Formula mengatakan, penyebab kecelakaan masih dalam investigasi.

Kopilot dan dua pramugari, ujar Fonseca, sudah memberikan keterangan. Kini para penyidik sedang menunggu pernyataan kapten pilot yang masih dirawat di rumah sakit.

Kantor pengacara Corboy & Demetrio mengatakan, telah mendaftarkan enam gugatan terpisah mewakili ke-11 penumpang itu di Pengadilan Cook County, Illinois.

Baca juga: Pesawat Jatuh di Meksiko, Seluruh Penumpang dan Kru Selamat

Francis Patrick Murphy, salah satu kuasa hukum di firma itu menambahkan, cuaca dalam beberapa kasus memang amat memengaruhi operasional penerbangan.

"Namun, keselamatan penerbangan juga tergantung bagaimana maskapai dan para pilot memantau, merespon, dan mengatasi masalah cuaca buruk, baik sebelum dan selama penerbangan untuk menghindari tragedi," kata Murphy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com