Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xi Jinping Beri Selamat pada Mnangagwa yang Memenangi Pemilu Zimbabwe

Kompas.com - 07/08/2018, 19:41 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

BEIJING, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping menyampaikan ucapan selamat kepada Emmerson Mnangagwa yang telah memenangi pemilu Zimbabwe.

"Dalam pesan ucapan selamat yang bertanggal Minggu (5/8/2018), Xi menyampaikan harapannya bahwa pemerintahan dan rakyat Zimbabwe akan meraih lebih banyak prestasi dalam pembangunan di bawah kepemimpinan Mnangagwa," demikian dikabarkan Xinhua.

Presiden Xi turut mengharapkan dapat bertemu dengan Mnangagwa saat dilangsungkannya pertemuan puncak antara pemimpin China dengan negara-negara Afrika yang akan digelar di Beijing bulan depan.

"Xi mengharapkan pertemuan dengan Mnangagwa yang akan semakin mendorong kemitraan strategis yang lebih luas dalam kerja sama kedua negara," tambah Xinhua dilansir SCMP.

Baca juga: Menang Tipis di Pemilu, Mnangagwa Jadi Presiden Terpilih Zimbabwe

Sebelumnya, Pemerintah China telah mengajak kepada semua pihak di Zimbabwe agar menerima dan menghormati hasil pemilihan presiden yang telah digelar.

China menyerukan pada pihak terkait untuk mendahulukan kepentingan negara dan rakyat, serta mengajak masyarakat internasional untuk turut memberikan kontribusi dalam menjunjung kedamaian dan pembangunan di Zimbabwe.

Presiden Xi juga memuji Mnangagwa yang pernah menjalani pelatihan militer di China saat masih menjadi pejuang pembebasan muda pada 1960-an.

Xi bahkan memanggil Mnangagwa sebagai teman lama saat dia berkunjung ke Beijing pada April lalu.

China telah lama menjadi salah satu sekutu paling kuat Zimbabwe sejak masa kepemimpinan Mugabe, termasuk sebagai mitra dagang utama setelah negara Barat menjauhinya karena pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan pemerintahannya.

Pemerintah Beijing berharap hubungan ekonomi dan diplomatik yang telah terjalin erat dengan Zimbabwe dapat dipertahankan di bawah kepemimpinan Mnangagwa.

Baca juga: China Imbau Warga Zimbabwe Terima Hasil Pemilu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com