Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skandal 1MDB: Indonesia Akan Kembalikan Kapal Pesiar Mewah ke Malaysia

Kompas.com - 05/08/2018, 14:19 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Skandal keuangan di perusahaan negara 1MDB yang melibatkan Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak masih menyisakan beberapa hal, termasuk urusan penyitaan aset yang dibeli dengan uang korupsi itu.

Kini, pemerintah Malaysia sedang menyusun pengembalian kapal pesiar mewah yang berada di Indonesia terkait 1MDB.

Demikian pernyataan dari juru bicara kantor Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad kepada AFP, Minggu (5/8/2018).

Baca juga: Polri Tangkap Buronan 1MDB Malaysia, Mahathir Terima Kasih ke Jokowi

"Beberapa pengaturan sedang dilakukan dengan pihak berwenang Indonesia yang bertanggung jawab (untuk mengambil alih kapal pesiar)," kata juru bicara.

"Kami akan memberikan informasi lebih banyak, setelah kami menyelesaikan rinciannya," tambahnya.

Kapal pesiar Equanimity itu terdaftar di Kepulauan Cayman, bagian barat Laut Karibia, sebuah wilayah yang kerap disebut surga pajak.

Kapal tersebut ditaksir memiliki nilai sekitar 250 juta dollar AS atau Rp 3,6 triliun dan telah disita pada Februari lalu dari Bali.

Seorang pejabat maritim senior mengatakan kepada AFP, kapal pesiar tersebut telah berada di perairan Indonesia, tepatnya di lepas pantai Batam dekat Singapura.

Hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia semakin dekat dengan kehadiran Mahathir yang mengunjungi Jakarta pada Juni lalu.

Seperti diketahui, Kementerian Kehakiman AS menuding adanya pencurian dana dari perusahaan 1MDB Malaysia yang dilakukan oleh Najib dalam skandal pencucian uang dan penggelapan uang besar-besaran.

Baca juga: Najib Razak Ditangkap KPK Malaysia terkait Kasus 1MDB

Manajemen 1MDB dan Najib menyangkal semua tuduhan. Dalam tuntutan yang diajukan, ada 1,7 miliar dollar AS yang diduga digunakan untuk membeli sejumlah aset, termasuk kapal pesiar, yang dibeli oleh mantan penasihat tidak resmi 1MDB yaitu Jho Low.

Otoritas anti-korupsi Malaysia telah mengeluarkan surat perintah penangkapan Jho Low, yang diduga sebagai tokoh kunci dalam skandal 1MDB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com