Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

48 Ekor Sapi di India Mati karena Makan Plastik

Kompas.com - 02/08/2018, 12:11 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Sebanyak 48 ekor sapi ditemukan mati di sebuah peternakan di area Chhawla, Delhi. Berdasarkan hasil pemeriksaan post-mortem, seluruh sapi itu mati karena mengalami gangguan pencernaan.

The Indian Express mewartakan pada Kamis (2/8/2018), salah satu penyebab gangguan pencernaan karena hewan tersebut makan plastik.

"Impaction terjadi karena makanan yang tidak bisa dicerna atau terlalu banyak makan. Dalam hal ini, konsumsi bahan plastik mungkin menjadi alasan kematian sapi," kata dkepala Wildlife Trust of India, NVK Ashraf.

Peternakan sapi itu dijalankan oleh Archarya Sushil Gosada Trust di desa Ghumanhera, Chhawla.

Baca juga: Bebas Berkeliaran, Sapi di India Telan Puluhan Kilogram Plastik

Saat polisi mencapai lokasi peternakan pada pekan lalu, mereka menemukan 1.400 ekor sapi dipelihara, dengan 36 di antaranya mati. Kemudian, 12 ekor sapi mati pada hari selanjutnya.

"Laporan pemeriksaan telah dikirim ke kantor kementerian peternakan hewan pemerintah Delhi untuk opini final," kata seorang petugas kepolisian.

Setelah insiden tersebut, polisi dan kementerian melakukan penyelidikan. Berdasarkan keterangan dari pejabat pemerintah, peternakan itu hanya menampung sapi-sapi yang ditinggalkan oleh pemiliknya.

"Sapi-sapi yang dibuang terkadang mengonsumsi material dan sampah," demikian pernyataan kementerian terkait.

Kasus kematian sapi akibat menelan sapi tidak hanya terjadi kali ini. Sebelumnya, dokter hewan di India pernah mengangkat 80 kg plastik dari perut sapi.

Lembaga Karuna Society menyatakan, sapi di India secara rata-rata biasanya membawa sekitar 60 kg plastik di dalam perut.

Baca juga: Pria di India Dipukuli Massa hingga Tewas Saat Menuntun Sapi

Karuna Society merupakan badan amal yang menyediakan pengobatan gratis bagi sapi yang memakan plastik.

Kementerian Lingkungan Hidup di India pada 2015 menemukan, ada 30 kg plastik di perut setiap sapi dan kerbau yang mati

Sapi- sapi di India umumnya bebas berkeliaran mencari makan. Tak jarang, hewan memamah biak ini memakan plastik yang berserakan di pinggir jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com