Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gemar Santap Lipan Mentah, Dua Warga China Dilarikan ke Rumah Sakit

Kompas.com - 01/08/2018, 17:27 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber CNN

BEIJING, KOMPAS.com - Dua orang warga Guangzhou, China dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sakit kepala parah dan berbagai gejala gangguan saraf.

Setelah menjalani pemeriksaan, para dokter menemukan penyebab penyakit yang diderita kedua orang itu. Dokter mengatakan, keduanya gemar menyantap lipan mentah.

Masalah ini dimuat dalam sebuah laporan dalam American Journal of Tropical Medicine and Hygiene yang dirilis pada Senin (30/7/2018).

Pasien pertama, seorang perempuan berusia 78 tahun, dibawa ke rumah sakit pada 2012 dengan gejala sakit kepala, mengantuk, dan gangguan kognitif.

Baca juga: Kisah Nyata dari Thailand, Lipan Raksasa Memangsa Ular

Beberapa pekan kemudian, seoang pria berusia 46 tahun dirawat di rumah sakit setelah mengalami sakit kepala luar biasa selama 20 hari.

Kedua pasien ini juga mengalami rasa kaku di leher dan tanda-tanda meningitis. Hasil pemindaian menunjukkan adanya dua titik mencurigakan di otak pasien perempuan dan satu titik bengkak di paru-paru pasien pria.

Ternyata kedua pasien ini memiliki kesamaan yaitu sering menyantap lipan mentah di sebuah pasar sayur mayur di kota Guangzhou.

Uji coba laboratorium menunjukkan keduanya terinfeksi semacam parasit di paru paru atau Angiostrongylus cantonensis yang menyebabkan sebuah tipe meningitis.

Biasanya parasit seperti itu bisa tumbuh hingga dewasa di dalam tubuh tikus tetapi tidak dalam tubuh manusia.

"Di dalam tubuh manusia, parasit ini bisa mencapai otak dan berdiam di dalam otak," kata Heather Stockdale Walden, asisten profesir di departemen penyakit infeksi dan patologi Universitas Florida, AS.

"Saat parasit ini sampai di otak, maka seseorang bisa menderita eosinophilic meningitis," tambah dia merujuk pada ruam di membran yang melindungi saraf tulang belakang dan otak.

Manusia bisa terinfeksi parasit ini jika menyantap daging atau tumbuhan yang terkontaminasi misalnya bekicot, siput, hingga kadal.

Namun, sejauh ini tidak ditemukan kasus seseorang terinfeksi parasit ini karena menyantap lipan yang sudah lama menjadi bagian dari pengobatan tradisional China.

Baca juga: Sial dan Mengenaskan, Ular Dimakan Lipan Raksasa Berbisa Saat Bertelur

Untuk memastikan bahwa lipan memang penyebab sakitnya kedua pasien itu, para peneliti membeli 20 ekor lipan dari pasar yang sama dengan lipan yang dibeli kedua pasien.

Peneliti menemukan larva parasit itu di tujuh dari 20 lipan tersebut atau sama dengan 56 persen dari seluruh sampel yang diperiksa.

"Ini merupakan kali pertama infeksi Angiostrongylus cantonensis akibat menyantap lipan," tambah Heather.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com