Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Iran Sebut AS Sudah "Kecanduan" Beri Sanksi

Kompas.com - 30/07/2018, 15:57 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Al Arabiya

TEHERAN, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Iran Mohammed Javad Zarif menyebut AS telah "kecanduan" untuk menjatuhkan sanksi kepada negara-negara lain.

Melansir dari Al Arabiya, Washington akan kembali memberlakukan sanksi terhadap Iran, setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan mundur dari kesepakatan nuklir 2015.

Pembaruan sanksi tersebut, yang baru akan dimulai pada awal Agustus mendatang, telah membawa perekonomian Iran ke dalam kekacauan.

Pada Minggu (29/7/2018), nilai mata uang Iran telah hingga sekitar 100.000 rial terhadap dolar AS, menjadi rekor terendah yang pernah dialami Iran.

Baca juga: Ketika Trump dan Menlu Iran Terlibat Tweet-War

"Catatan hubungan luar negeri AS menunjukkan bahwa di setiap titik dalam sejarah, sebagian besar sanksi terhadap sejumlah negara, kebanyakan telah dikenakan oleh Amerika Serikat," kata Zarif dalam pertemuan duta besar Iran, diplomat dan pelaku bisnis, seperti dikutip kantor berita pemerintah, IRNA.

"Amerika adalah pencandu sanksi, dan kecanduan itu telah menghalangi mereka, termasuk saat pemerintahan Obama, dari memenuhi kewajiban mereka," tambah Zarif, Minggu (29/7/2018).

Trump telah memperingatkan bahwa sanksi baru, yang akan mulai diberlakukan kembali bakal memberikan dampak lebih parah dan luas terhadap perekonomian Iran dibandingkan sanksi sebelumnya.

AS juga mendesak kepada negara-negara sekutunya untuk berhenti mengimpor barang dari Iran, terutama minyak, atau mereka bakal menerima risiko sanksi tersendiri.

Baca juga: Jenderal Iran: Trump Hanya Melakukan Perang Urat Saraf

Sanksi yang sempat dicabut AS setelah adanya kesepakatan nuklir 2015 itu akan kembali berlaku pada 7 Agustus mendatang, yang bakal mempengaruhi pembelian dolar oleh Iran, perdagangan emas maupun komoditas penting lainnya.

Trump telah membanggakan perannya dalam memulai sanksi telah memicu gerakan pemogokan dan demonstrasi terhadap pemerintahan Teheran karena kekurangan, pengangguran, menurunnya standar hidup rakyat Iran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com