Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Belanda Tangkap Tersangka Pemerkosa Mahasiswi Indonesia

Kompas.com - 26/07/2018, 12:42 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

ROTTERDAM, KOMPAS.com — Kepolisian Belanda telah menangkap tersangka penyerang dan pemerkosa mahasiswi Indonesia di Rotterdam.

Pernyataan yang dikeluarkan polisi Belanda menyebutkan polisi bekerja siang malam untuk menyelidiki kasus ini.

Tersangka ditangkap setelah polisi menelisik penjelasan profil tersangka dan gambar-gambar yang didapat dari kamera CCTV di rute perjalanan mahasiswi tersebut dari stasiun menuju rumah kosnya pada Sabtu (21/7/2018).

Baca juga: Polisi Belanda Buru Pemerkosa Mahasiswi Indonesia

Albert Jansen, penyidik kasus ini, mengatakan, kepolisian puas karena tersangka bisa ditangkap dalam waktu yang relatif cepat.

"Setiap orang ingin tersangka ditahan secepat mungkin," kata Jansen, seperti dikutip situs harian Belanda, Algemeen Dagblad.

Menurut media Belanda, tersangka berusia 18 tahun tersebut ditangkap pada Selasa (24/7/2018) malam. Tersangka dilaporkan adalah warga kota Rotterdam.

Sebelumnya, polisi Belanda mengatakan menempuh berbagai cara untuk menangkap tersangka mulai dari mengerahkan helikopter, anjing pelacak, hingga memeriksa rekaman kamera CCTV.

Sejumlah laporan media massa menyebutkan, polisi memeriksa kepada setidaknya 20 orang.

Korban saat ini masih menjalani perawatan di rumah sakit akibat luka-luka yang ia derita.

Kejadian bermula ketika mahasiswi Indonesia tersebut mengendarai sepeda dari Stasiun Kereta Rotterdam Centraal menuju kosnya di Herman Bavinckstraat yang berjarak 4,4 kilometer pada pukul 05.00 waktu setempat.

Sekitar setengah jam kemudian, saat baru tiba di depan rumah kos dan hendak mengunci sepeda, tiba-tiba seorang pria menyerang dan memerkosanya.

Baca juga: Muncul Kasus Perkosaan Pelajar Indonesia, Ini Tips agar Aman Belajar di Belanda

Situs berita RTV Rijnmond melaporkan, pelaku juga menjerat leher korban dengan kunci sepeda.

Beberapa saat kemudian, dalam kondisi terluka, mahasiswi itu minta bantuan tetangganya yang merupakan seorang perempuan lanjut usia yang kemudian melapor ke polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com