Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otoritas Thailand Kesulitan Tangkap Buaya yang Berkeliaran di Phuket

Kompas.com - 23/07/2018, 15:43 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

PHUKET, KOMPAS.com - Otoritas Thailand sedang berupaya memburu buaya yang muncul tiba-tiba di pantai yang menjadi destinasi wisata terkenal di Phuket.

Diwartakan AFP pada Senin (23/7/2018), reptil tersebut pertama kali terlihat di pantai Rawai sekitar sepekan lalu. Namun, beberapa kali muncul di lokasi yang berbeda di dekat pantai Laut Andaman.

Otoritas menerjunkan beberapa tim yang menyebar ke berbagai titik untuk menelusuri keberadaan buaya.

Baca juga: Junta Thailand Bakal Awasi Ketat Pembuatan Film Tentang Penyelamatan di Goa

Thawee Thongcha, wali kota Karon yang berada di pesisir barat Phuket, menyatakan tim hampir saja berhasil menangkap hewan berdarah dingin itu.

"Kami hampir menangkapnya ketika hewan tersebut terlihat di dekat pantai di Karon. Kami hanya beberapa meter dari lokasinya, namun hewan itu bergerak cepat ke laut," katanya.

"Kami belum tahu dari mana dia berasal," imbuhnya.

Buaya siam memang pernah ditemukan di seluruh wilayah Asia Tenggara, tapi kini jumlahnya semakin turun dan masuk dalam daftar merah International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Pakar biologi kelautan dan dosen di Universitas Kasetart, Thion Thamrongnawasawat, mengatakan keberadaan buaya di Phuket dapat mengindikasikan hewan itu berkembang di penangkaran dengan air asin.

"Normalnya, perairan laut terbuka bukanlah tempat habitat buaya," ucapnya.

Populasi buaya di Thailand dan negara lainnya di Asia Tenggara pada umumnya semakin menurun karena hilangnya habitat mereka.

Selain itu, perburuan untuk diambil kulitnya dan penangkapan reptil untuk ditempatkan di penangkaran juga menyebabkan terancamnya buaya di alam liar.

Baca juga: Ketika Remaja Thailand yang Terjebak di Goa Mulai Tinggal di Rumah

Di Thailand, hanya ada segelintir populasi buaya yang hidup di alam liar, di taman nasional.

Namun, seorang turis Perancis pernah digigit buaya pada kakinya saat berada di taman nasional Thailand pada Januari tahun lalu. Dia diserang buaya mencoba mendekati hewan buas itu untuk selfie.

Pada 2014, perempuan Thailand melakukan bunuh diri dengan melompat ke kolam buaya di sebuah penangkaran yang populer di kalangan turis di pinggiran Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com