Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur AS Cegat Pesawat yang Melintas di Dekat Lapangan Golf Trump

Kompas.com - 23/07/2018, 15:32 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

NEW JERSEY, KOMPAS.com - Jet tempur Angkatan Udara AS telah mencegat sebuah pesawat terbang yang memasuki kawasan larangan terbang di dekat lapangan golf milik Presiden Donald Trump di New Jersey.

Juru bicara Gedung Putih Lindsay Walters menyampaikan, insiden tersebut terjadi pada Sabtu (21/7/2018), dengan sebuah pesawat terbang bersayap rendah terdeteksi di sekitar lapangan golf pribadi Trump sekitar pukul 12.30 siang waktu setempat.

Melansir dari Fox News, Angkatan Udara AS kemudian mengirim satu jet tempur F-16 untuk telah mencegat pesawat tersebut dan mengawalnya menjauh dari wilayah udara terlarang.

Baca juga: Slowakia Beli 14 Unit Jet Tempur F-16 Buatan AS

"Pesawat itu telah dikawal untuk mendarat di bandara Sky Manor di Pittstown, New Jersey. Pilot pesawat tersebut telah ditanyai oleh petugas dan dianggap bukan sebagai ancaman," kata juru bicara Gedung Putih dalam pernyataannya.

Trump dan Melania tiba pada Jumat (20/7/2018) dan berakhir pekan di lapangan golf Bedminster, New Jersey sebelum kembali ke Gedung Putih pada Minggu (22/7/2018).

Walters mengatakan, misi pencegatan terhadap pesawat sipil tersebut telah dilakukan sesuai dengan praktik standar untuk kasus serupa.

Sejak terjadinya serangan teror ke gedung World Trade Center pada 11 September 2001, militer AS memberlakukan operasi militer yang dinamakan Operation Noble Eagle.

Selama hampir 17 tahun, Angkatan Udara AS telah mencegat hingga lebih dari 1.800 pesawat terbang nonmiliter.

Baca juga: Jet Tempur AS Cegat Bomber Rusia di Pesisir Alaska

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com