Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump ke Presiden Iran: Jangan Pernah Mengancam AS Lagi

Kompas.com - 23/07/2018, 11:28 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melontarkan ancaman kepada Presiden Iran Hassan Rouhani.

Dilansir AFP Senin (23/7/2018), dalam kicauannya di Twitter menggunakan huruf kapital, Trump berkata kepada Rouhani untuk berhenti mengancam AS.

Baca juga: Rouhani Sebut Konflik dengan Iran Bisa Menjadi Sumber Segala Perang

"Jangan pernah mengancam AS lagi, atau Anda bakal menanggung akibatnya seperti yang sudah diderita negara lain," tutur Trump.

"Kami bukan negara yang bakal tunduk dengan setiap kata-kata Anda yang kasar dan penuh kekerasan. Berhati-hatilah," lanjutnya.

Ucapan presiden ke-45 AS itu menanggapi perkataan Rouhani yang mengancam AS dengan menganalogikan "tidak bermain-main dengan ekor singa".

Rouhani menyikapi rencana AS untuk memberikan sanksi ekonomi dan bertujuan memangkas ekspor minyak Iran hingga nol.

"Perdamaian dengan Iran akan melahirkan perdamaian bagi semuanya, sedangkan perang dengan Iran akan melahirkan perang bagi semuanya," tegas Rouhani.

Presiden Trump bahkan telah mendorong kepada negara-negara produsen minyak untuk meningkatkan produksinya, terutama Arab Saudi, agar dapat mengimbangi sanksi terhadap Iran.

Washington juga telah melancarkan upaya propaganda di Iran, termasuk kampanye media sosial yang ditujukan untuk memperuncing ketidakpuasan populer.

Baca juga: Trump Dinobatkan sebagai Tokoh Paling Dibenci oleh Iran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com