Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perahu Wisata Terbalik dan Tenggelam di Missouri, 11 Orang Tewas

Kompas.com - 20/07/2018, 21:04 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

KANSAS CITY, KOMPAS.com - Setidaknya 11 orang tewas ketika sebuah perahu wisata terbalik dan tenggelam pada Kamis (19/7/2018) malam di sebuah danau dekat kota wisata Branson, Missouri, Amerika Serikat.

Sheriff Stone County Doug Rader kepada jurnalis mengatakan, sejumlah korban tewas adalah anak-anak.

Aparat keamanan setempat mengatakan, jumlah korban tewas kemungkinan bertambah sebab hingga Jumat (20/7/2018) pagi, enam orang penumpang perahu belum ditemukan.

Baca juga: Baru Dibeli, Sebuah Perahu Tenggelam dan Satu Penumpangnya Hilang

Perahu tersebut mengangkut 29 orang penumpang dan dua orang awak saat tenggelam di Danau Table Rock di tengah angin kencang dan badai.

"Tujuh orang dibawa ke rumah sakit dan satu orang di antaranya dalam kondisi kritis," tambah Rader.

Panggilan darurat terkait tragedi itu diterima kepolisian pada Kamis malam sekitar pukul 19.00 waktu setempat. Pemerintah setempat segera mengirim tim penyelam untuk mencari korban.

Rader menjelaskan, perahu itu tenggelam kemungkinan besar karena angin kencang dan badai.

Badan Cuaca Nasional sebenarnya sudah mengeluarkan peringatan terkait badai di kawasan tersebut di masa-masa tenggelamnya perahu.

Perahu bebek yang tenggelam itu adalah satu dari dua perahu yang masih beroperasi di dalam badai.

"Perahu itu sedang menuju ke tepi danau saat insiden terjadi. Sebagian penumpang berhasil berenang ke tepian," kata Rader seperti dikutip harian Kansas City Star.

Perahu bebek itu adalah milik Ride the Ducks Branson, sebuah perusahaan wisata yang biasa membawa turis berkeliling dengan menggunakan kendaraan amfibi.

Baca juga: Sudah 9 Korban Perahu Tenggelam di Malaysia Ditemukan

Insiden sebelumnya yang melibatkan perahu bebek ini terjadi pada 1999, ketika sebuah perahu tenggelam di Danau Hamilton, Hot Springs, Arkansas. Insiden tersebut menewaskan 13 orang penumpangnya.

Pada 2015, sebuah kendaraan amfibi milik Ride the Ducks menabrak sebuah bus sewaan di Jembatan Aurora, Seattle dan menewaskan lima orang mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com