Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Langka Reaksi Gajah Buta Ketika Diiringi Alunan Piano

Kompas.com - 19/07/2018, 11:01 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber Daily Mail

WANG DONG, KOMPAS.com - Bagaimana reaksi seekor gajah buta ketika diiringi alunan piano? Dalam sebuah video yang diunggah di YouTube, pianis asal Inggris Paul Barton mewujudkan momen langka tersebut.

Dia membawa pianonya ke alam terbuka, lalu memainkan musik klasik karya Bach. Sementara itu, gajah berusia 62 tahun yang mendengar musik nampak seperti menari.

Beberapa kali, gajah buta menggoyangkan kepala dan belalainya. Gajah bernama Lam Duan itu tinggal di Elephants World, Thailand.

Baca juga: Gajah Bantu Evakuasi Warga Myanmar dari Kawasan Konflik

Elephants World merupakan fasilitas penyelamatan hewan yang menampung gajah sakit, tua, dan cacat.

"Awalnya, saya sedih ketika pertama kali Lam Duan tiba di Elephants World pada 2012," kata Barton, seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (18/7/2018).

"Dia sangat resah. Tapi ketika Anda memainkan musik untuknya, dia berhenti gelisah dan menjadi tenang," imbuhnya.

Lam Duan menghabiskan sekitar 20 tahun hidupnya sebagai pekerja di industri penebangan. Sebelumnya, dia pernah dimanfaatkan dalam industri perjalanan selama 10 tahun.

Kemudian selama puluhan tahun selanjutnya, dia diperlihara oleh sebuah keluarga hingga akhirnya dibawa ke Elephants World.

Barton yang tinggal di fasilitas tersebut bersama istrinya, Khwan, kerap memainkan musik untuk 28 gajah di pusat penampungan.

Baca juga: Dokter Duga Gajah Bunta Tewas Karena Diracun

Meski beberapa hewan seperti gajah jantan bisa menjadi agresif, Barton lebih menyukai memainkan piano di alam terbuka tanpa adanya batasan.

"Piano berada di pegunungan, jadi ini benar-benar bebas. Gajah dapat melakukan apa yang diinginkan," ucapnya.

"Gajah-gajah ini berada di dekat Anda, dan ada semacam pertalian yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata," imbuhnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com