Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Inggris, Balon Bayi Trump Bakal Berkeliling Dunia

Kompas.com - 18/07/2018, 17:57 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Kunjungan Presiden AS Donald Trump ke Inggris pekan lalu turut disambut aksi protes oleh ribuan warga yang menentang kehadirannya.

Meski pada akhirnya kunjungan perdana Trump selaku Presiden AS di kerajaan tersebut dapat berjalan tanpa hambatan.

Dalam rangkaian aksi protes oleh warga London tersebut, di antaranya tampak sebuah balon raksasa, berbentuk bayi yang mengenakan popok, berekspresi marah dan memegang ponsel di tangan kanannya.

Balon bayi Trump bernilai 18.000 poundsterling (sekitar Rp 338 juta) tersebut diterbangkan di dekat Gedung Parlemen London pada Jumat (13/7/2018).

Baca juga: Balon Bayi Trump Raksasa Sambut Kedatangan Presiden AS ke Inggris

Balon tersebut diterbangkan setelah sebuah petisi yang ditandatangani hingga 10.000 orang memintanya, membuat Wali Kota London Sadiq Khan akhirnya memberikan izin.

Namun ternyata setelah aksi protes tersebut usai bukan berarti akhir dari balon bayi Trump, karena balon tersebut sempat dikirim ke Edinburgh, mengikuti sang Presiden AS saat berakhir pekan di Skotlandia.

Balon bayi Trump juga sempat menghiasi konser Pearl Jam dalam festival musik O2 yang dilangsungkan di London pada Selasa (17/7/2018). Demikian diberitakan Metro.co.uk.

Selanjutnya, pada bulan November, balon tersebut akan diterbangkan ke Australia untuk mengikuti kunjungan Trump.

Bahkan, sebuah kelompok aktivis di New Jersey, bermaksud untuk mendatangkan balon yang sama ke AS dan akan dibawa ke Bedminster, tempat di mana klub golf milik Trump berada.

"Kami sepakat bahwa kami membawa Bayi Trump ke Bedminster," kata salah seorang aktivis di New Jersey, Didier Jimenez-Castro.

Namun tampaknya Jimenez tidak akan membawa balon yang sama dengan yang diterbangkan di Inggris, melainkan memesan balon baru dari pabrik pembuatnya.

Jimenez, dengan bantuan panitia lokal telah membuka penggalangan dana secara online untuk mengumpulkan uang yang dibutuhkan. Hasilnya, dalam 22 jam, target 4.500 dolar AS (sekitar Rp 64 juta) telah tercapai.

Baca juga: Balon Bayi Raksasa Bikin Trump Merasa Tak Diinginkan di London

"Kami telah menghubungi pabrik yang membuat balon dan kami akan mendapatkan balon kami pada pertengahan Agustus," kata dia dilansir The Huffington Post.

Sejumlah kelompok dari seluruh penjuru negeri juga tengah melakukan penggalangan dana untuk balon bayi Trump, di antaranya dari Silver Spring, Maryland; Austin, Texas; St. Louis, Missouri and Farmington, New Mexico.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com