Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Trump di Helsinki, Putin Bawa Mobil Kepresidenan Baru

Kompas.com - 16/07/2018, 20:16 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

HELSINKI, KOMPAS.com - Nampaknya tak mau kalah dengan Presiden AS Donald Trump, Presiden Rusia Vladimir Putin membawa serta limosin barunya ke Helsinki tempat pertemuan dengan Trump digelar.

Mobil Putin, sebuah limosin Kortezh atau Aurus Senat berwarna hitam memang membuat prestise sang presiden dan cocok menjadi saingan "The Beast" mobil kepresidenan Trump.

Menurut harian Financial Express, mobil limosinitu dikembangkan perusahaan Jerman Porsche dan Bosch bersama Insitut Permesinan dan Otomotif di Pusat Riset Sains Moskwa.

Mobil ini dikabarkan memiliki 592 tenaga kuda dan merupakan mobil kepresidenan pertama Rusia sejak ZILS di masa Uni Soviet.

Baca juga: Trump akan Bertemu Putin di Helsinki pada 16 Juli

Sejauh ini belum diketahui pasti kemampuan mobil kepresidenan Rusia ini, meski diyakini mobil itu sudah dilengkapi fasilitas untuk memastikan keamanan penumpangnya.

Sedangkan "The Beast", mobil resmi Presiden Trump, memiliki rida anti-kempes, plat baja, serta kemampuan melindungi presiden dari serangan bom, senjata kimia, dan biologi.

Putin dan Trump akan menggelar pertemuan bersejarah di Helsinki, Finlandia untuk mendiskusikan berbagai hal termasuk perdagangan, militer, dan China.

Namun, penasihat keamanan Gedung Putih John Bolton mengatakan, kedua pemimpin sepakat tak ada agenda khusus dalam pertemuan itu.

Meski demikian, Bolton menambakan, pihaknya yakin Putin sudah siap jika masalah dugaan Rusia mengintervensi pemilihan presiden AS muncul dalam pembicaraan itu.

Finlandia dipilih menjadi tempat pertemuan karena setelah Perang Dunia II negeri Skandinavia itu memilih menjadi negara netral dari sisi politik dan militer.

Ibu kota Finlandia ini juga pernah menjadi tuan rumah penandatanganan Kesepakatan Helsinki 1975 yang dilakukan untuk meningkatkan hubungan Uni Soviet dan negara-negara Barat.

Baca juga: Presiden Kroasia: Pertemuan Trump-Putin Kunci Perdamaian Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com