Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaguar Kabur dari Kandang, Bantai Enam Hewan Lain di Kebun Binatang

Kompas.com - 15/07/2018, 23:05 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

NEW ORLEANS, KOMPAS.com - Seekor jaguar dilaporkan telah keluar dari kandangnya, berkeliaran dan mengamuk di kandang hewan lain di kebun binatang New Orleans, pada Sabtu (14/7/2018).

Akibatnya, empat ekor alpaca, seekor emu dan seekor rubah koleksi kebun binatang tersebut mati. Sementara tiga ekor hewan lainnya mengalami luka. Demikian diberitakan New York Post.

Hewan yang termasuk kucing besar itu pertama dilaporkan hilang dari kandangnya sekitar pukul 07.20 pagi, pada Sabtu lalu. Saat insiden kaburnya jaguar, Kebun Binatang Audubon di New Orleans belum dibuka.

Kemudian sekitar pukul 08.15, jaguar tersebut ditemukan tengah berada di kandang hewan lain.

Petugas langsung bertindak dengan menembakkan peluru bius dan mengembalikan jaguar tersebut ke kandangnya.

Baca juga: Akhir Tak Terduga dari Pertemuan Pemakan Semut Raksasa dengan Jaguar

Setelah mengamankan jaguar, petugas memeriksa setiap kandang hewan lain. Petugas menemukan setidaknya tiga alpaca lain yang terluka. Tidak ada manusia yang menjadi korban.

Dalam konferensi pers yang digelar di hari yang sama, pihak pengelola kebun binatang mengatakan tengah menyelidikan penyebab jaguar dapat keluar dari kandangnya.

Meskipun demikian mereka menegaskan jika fasilitas kebun binatang tetap aman bagi masyarakat umum.

Berdasarkan keterangan pengelola kebun binatang, jaguar tersebut, yang bernama Valerio, dan baru berusia 3 tahun, tidak menyerang hewan lain untuk dimangsa.

"Valerio tampaknya tidak memakan hewan-hewan yang diincarkan, tertapi terlibat dalam perebutan teritorial," kata Kyle Burks, wakil presiden dan direktur pengelola kebun binatang Audubon.

Sementara ditambahkan Joel Hamilton, wakil presiden dan kurator hewan di kebun binatang Audubon mengatakan, Valerio hanya melakukan apa yang dilakukan seekor jaguar.

"Dia jaguar jantan muda. Dia melakukan apa yang dilakukan seekor jaguar. Tidak ada perilaku yang luar biasa yang ditunjukkan dari hewan sejenisnya," kata Joel.

Ron Forman, presiden dan kepala eksekutif kebun binatang Audubon mengakui insiden yang terjadi pada Sabtu (14/7/2018) lalu merupakan yang terburuk selama sejarah berdirinya kebun binatang tersebut.

Namun demikian pihaknya tetap mengatakan bahwa kebun binatang Audubon aman untuk dikunjungi.

Baca juga: Jaguar Bertarung Melawan Buaya dan Inilah Predator Pemenangnya

"Kebun binatang ini telah ada sejak 100 tahun lalu dan kami belum pernah mengalami kejadian seperti ini sebelumnya. Sehingga secara statistik tidak ada yang perlu dikhawatirkan terkait keamanan kebun binatang," ujarnya.

Setelah dilakukan penyelidikan serta pemberian konselor kepada para star, kebun binatang Audubon telah kembali dibuka untuk umum pada Minggu (15/7/2018), pukul 10.00 pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com