Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jika Iran Tak Boleh Ekspor Minyak, Seluruh Timur Tengah Tak Boleh"

Kompas.com - 13/07/2018, 18:52 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Iran melontarkan ancaman bakal memblokade kawasan vital perdagangan laut di Timur Tengah jika tak diizinkan mengekspor minyak.

Ancaman itu dilontarkan penasihat Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, Ali Akbar Velayati, di Rusia.

Dilansir Russian Today Jumat (13/7/2018), Velayati berujar, Presiden Iran Hassan Rouhani sudah menegaskan sikapnya ketika berkunjung ke Eropa.

Baca juga: Jalankan Sanksi, AS Bertekad Pangkas Ekspor Minyak Iran hingga Nol

Rouhani mengancam bakal memblokade Selat Hormuz, jalur vital antara Teluk Persia dan Teluk Oman, jika dilarang menjual minyak.

"Tuan Rouhani sudah mengatakannya dengan jelas; semua negara Timur Tengah bisa menjual, atau tak ada sama sekali," tutur Velayati.

Kebanyakan minyak yang diekspor Arab Saudi, Iran, Uni Emirat Arab, Kuwait, dan Irak melalui Selat Hormuz sebelum sampai di Eropa maupun Amerika.

Qatar dan Saudi sebelumnya dikabarkan telah mencoba untuk mencari jalur lain. Namun, hingga saat ini mereka masih belum menemukannya.

Russian Today memberitakan, melintasi selat itu menjadi perjalanan yang paling berbahaya di masa lampau.

Pada 2010, sebuah kapal tanker berbendera Jepang "M Star" diserang oleh kelompok yang mengaku berafiliasi dengan Al Qaeda.

Mei 2015, kapal Iran menyerang memukul mundur kapal tanker Singapura karena diklaim telah merusak fasilitas minyak mereka.

Karena itu, Amerika Serikat (AS) menempatkan Armada Kelima di Bahrain untuk menjaga kawasan tersebut dari aksi penyerangan maupun perampokan.

Sebelumnya, AS memberikan peringatan kepada negara lain untuk tidak membeli minyak dari Iran. Perusahaan Perancis seperti Total langsung menarik diri.

Pejabat senior AS Brian Hook mengatakan, Washington telah menargetkan untuk memangkas ekspor minyak Iran hingga nol.

Baca juga: Menteri Perminyakan Iran Sebut Perintah Trump pada OPEC sebagai Hinaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com