Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Punya Rumah dan Kehujanan, Anak Ini Tetap Berusaha Selesaikan PR

Kompas.com - 13/07/2018, 17:01 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

MANILA, KOMPAS.com - Sebuah pemandangan menyentuh tersaji ketika seorang anak perempuan berjuang menyelesaikan PR-nya di bawah guyuran hujan karena dia dan keluarganya kini menjadi tunawisma.

Dalam sebuah rekaman yang diambil pada Jumat pekan lalu, anak perempuan bernama Lorensalie Elaine Dolfo (8) itu terlihat duduk di luar sebuah gedung apartemen di Manila.

Sementara sang ibu, Ellen (40) dan adik perempuannya Alexandra (4) tertidur di tepian jalan setelah belum lama ini mereka kehilangan tempat tinggal.

Baca juga: Tak Bisa Selesaikan PR, Siswi Kelas 6 SD Mencoba Bunuh Diri

Keluarga kecil ini tak mampu membayar uang kontrakan rumah setelah sang ayah Jerry (42) jatuh sakit dan tak bisa bekerja.

Meski kondisi keluarganya sedang amat buruk, semangat Elaine untuk belajar tak padam. Dia sampai harus menggunakan mantel untuk melindungi pekerjaan rumahnya dari guyuran hujan.

Dalam video itu Elaine terlihat berjuang memegang halaman demi halaman bukunya saat angin kencang menerpanya.

Saat hujan deras mulai membasahi tubuhnya, Elaine meringkuk untuk melindungi bukunya sambil lanjut menulis sementara satu tangannya yang lain memegangi mantel di atas kepalanya.

Kepada seorang pejalan kaki, Rolando Villanueva, Elaine mengatakan, dia ingin menjadi juara kelas dan mendapatkan pekerjaan untuk membantu keluarganya.

"Saya ingin menyelesaikan pekerjaan rumah dan belajar baik di sekolah. Jadi saya bisa mendapat pekerjaan untuk membantu keluarga. Saya harus menyelesaikan PR untuk guru di sekolah," kata Elaine.

Ayah Elaine, Jerry adalah pengemudi taksi yang kini tak bisa bekerja karena jatuh sakit. Alhasil, keluarga Elaine diusir dari rumah kontrakannya karena tak sanggup membayar uang sewa.

Rolando, yang merekam kegiatan Elaine ini, menyebut gadis kecil itu memberikan inspirasi dan mengingatkan semua orang yang jauh lebih beruntung agar tak mengabaikan pentingnya pendidikan.

Baca juga: Foto Bocah Filipina Kerjakan PR di Luar Restoran McDonalds Gugah Hati Banyak Orang

"Inilah yang akan saya tunjukkan kepada anak-anak saya sehingga mereka mengetahui pentingnya bersekolah. Semua orang harus sadar betapa beruntungnya mereka karena bisa mendapatkan pendidikan," ujar Rolando.

"Saya yakin Elaine akan sukses di kehidupannya kelak. Dia amat bersemangat dan cerdas. Dia kehilangan rumahnya dan tak memiliki tempat yang layak tetapi dia tetap memprioritaskan pekerjaan rumahnya. Dia sangat menginspirasi," kata Rolando.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com