Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Kecil Jatuh di Alaska, Semua Penumpang dan Pilot Selamat

Kompas.com - 12/07/2018, 08:04 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber BBC,ABCNews

JUNEAU, KOMPAS.com - Pasukan Penjaga Pantai Amerika Serikat mengevakuasi 11 orang yang terlibat dalam kecelakaan pesawat kecil di Alaska.

Dilansir dari BBC, Kamis (12/7/2018), pesawat sewaan itu jatuh di sisi Gunung Jumbo, tepatnya di Pulau Pangeran Wales, Alaska.

Pulau yang berhutan lebat itu merupakan pulau terbesar keempat di AS.

Baca juga: Hilang 2 Hari, Seorang Pria di Alaska Tewas Diserang Beruang

Tidak ada penumpang yang tewas dalam kecelakaan tersebut, namun beberapa dilaporkan terluka. Sebanyak dua helikopter dikirim ke sisi barat Gunung Jumbo untuk menyelamatkan mereka.

"Sore ini, 10 penumpang dan seorang pilot maskapai Taquan Air telah dibawa ke Ketchikan untuk menerima perawatan medis," demikian pernyataan dari maskapai, seperti dikutip dari ABC News.

Komandan Michael Kahle dari Penjaga Pantai di Juneau, Alaska, mengucapkan selamat kepada awak pesawat helikopter MH-60 Jayhawk yang melakukan penyelamatan.

"Kasus-kasus seperti ini menunjukkan kegunaan dari awak pesawat kami dan mereka mampu melakukan penyelamatan secara teliti dari lautan atau bahkan lereng gunung," katanya dalam sebuah pernyataan.

Setelah penumpang diterbangkan dari lokasi kecelakaan, mereka dibawa ke area yang aman dan selanjutnya diangkut dengan helikopter ke rumah sakit.

Baca juga: Ada Penumpang Bugil, Pesawat Harus Putar Balik ke Alaska

Kecelakaan terjadi sekitar 62 km dari Ketchikan di ujung selatan Alaska.

Pilot yang telah diidentifikasi sebagai Mike Hodgins (72) telah diinterogasi oleh Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) AS.

Sementara itu, maskapai Taquan Air yang melayani penerbangan untuk wisata dan terjadwal telah menangguhkan semua jadwal penerbangan dan bekerja sama  mencari tahu penyebab kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,ABCNews
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com