Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Catherine II, Kaisar Perempuan Rusia

Kompas.com - 10/07/2018, 17:14 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

KOMPAS.com - Puncak pimpinan Kekaisaran Rusia pernah ditempati oleh Catherine II, seorang maharani atau kaisar perempuan pada akhir abad ke-18.

Dengan menggulingkan suaminya, Kaisar Peter III, dia berkuasa atas Rusia selama lebih dari 30 tahun.

Di bawah pemerintahannya, Catherine yang Agung memperluas wilayah kekuasaan Rusia sampai ke Krimea dan banyak daerah di Polandia. Selain itu, dia memodernkan budaya melalui seni dan pendidikan.

Kehidupan awal

Catherine yang Agung atau Yekaterina Velikaya (dalam bahasa Rusia) lahir dengan nama Sophie Friederika Auguste di Prussia (sekarang Szczecin di Polandia) pada 2 Mei 1729.

Dia merupakan putri seorang pangeran Jerman yang papa, Christian August von Anhalt-Serbst. Dia mendapat keberuntungan karena garis keturunan ibunya yang sangat dihormati.

Pada 1744, Sophie yang berusia 15 tahun diundang ke Rusia oleh Czarina Elizabeth, putri dari Kaisar Rusia Peter yang Agung.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Steve Irwin, Sang Crocodile Hunter

Elizabeth yang tidak menikah dan tidak punya anak memilih keponakannya, Peter, sebagai pewaris takhta setelah dirinya, dan dia sedang mencari calon istri untuk Peter.

Peter dan Sophie menggelar pernikahan pada 21 Agustus 1745, ketika dia berusia 16 tahun. Dia mengubah namanya menjadi Catherine setelah diterima di Gereja Ortodoks Rusia.

Setelah bertahun-tahun tidak memiliki anak, Catherine akhirnya melahirkan seorang putra bernama Paul pada 20 September 1754.

Namun, ayah biologis putranya menjadi bahan perdebatan besar di kalangan sarjana. Beberapa mengklaim, ayah Paul yang sebenarnya adalah Sergei Saltykov, seorang bangsawan Rusia dan anggota pengadilan.

Selanjutnya, Catherine memiliki tiga anak. Kendati demikian, pernikahan keduanya tidak bahagia.

Lukisan yang menggambarkan penggulingan Tsar Peter III di Istana Musim Dingin, Rusia. (Wikipedia) Lukisan yang menggambarkan penggulingan Tsar Peter III di Istana Musim Dingin, Rusia. (Wikipedia)
Kaisar Peter III digulingkan

Maharani Elizabeth mangkat pada Januari 1762 sehingga suami Catherine, Peter, melanjutkan takhta kekaisaran Rusia dan dinobatkan sebagai Kaisar Peter III.

Dengan begitu, Catherine menjadi permaisuri. Kaisar Peter III yang baru memimpin ingin mengambil kebijakan fantastis dengan mengakhiri perang Rusia dengan Prussia.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Thomas Jefferson, Penulis Naskah Proklamasi AS

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com