Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Asal Anak yang Terjebak di Goa Thailand Siapkan Kelas Khusus

Kompas.com - 10/07/2018, 05:15 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

MAE SAI, KOMPAS.com - Sekolah asal enam dari 12 anak anggota tim sepak bola Thailand yang terjebak di dalam goa selama lebih dari dua pekan bakal memberikan kelas khusus kepada siswanya itu setelah mereka dapat kembali bersekolah.

Pihak sekolah juga berjanji akan bekerja sama dalam upaya rehabilitasi keenam siswanya itu dan tidak akan memperlakukan mereka secara berbeda.

"Enam siswa dari tim sepak bola Wild Boar akan tetap diperlakukan sama seperti siswa lainnya karena apa yang menimpa mereka adalah sebuah kecelakaan," kata Kanet Pongsuwan, kepala sekolah Mae Sai Prasitsart, dalam konferensi pers pada Senin (9/7/2018).

Pongsuwan menegaskan, pihak sekolah tidak akan membuat siswanya merasa bersalah atas kejadian yang menimpa mereka dan siap memberi dukungan psikologi demi membantu mereka dapat segera pulih.

Baca juga: Tim Sepak Bola Remaja Thailand Masuk Goa demi Sebuah Ritual

"Kami tidak akan membuat mereka merasa bersalah atas apa yang telah terjadi. Kami tidak akan menyalahkan mereka," tambahnya dilansir Channel News Asia.

Pernyataan Pongsuwan tersebut tak lepas dari komentar sejumlah pihak yang menyebut insiden terjebaknya tim sepak bola di goa Tham Luang adalah karena kesalahan mereka sendiri, termasuk pelatih mereka.

Namun pihak sekolah juga membela pelatih berusia 25 tahun yang ikut terjebak di dalam goa tersebut.

"Tanpa adanya pelatih bersama anak-anak, situasi bakal menjadi lebih buruk," kata Pongsuwan.

Selain itu, dukungan juga disampaikan salah seorang teman anak-anak yang terjebak. Waranchit yang mengaku teman dari tiga anak anggota tim sepak bola mengatakan bakal kembali melalui hari-hari di sekolah dengan makan dan bermain sepak bola saat waktu istirahat.

Sementara itu, pihak sekolah tidak bersedia mengkonfirmasi ada tidaknya siswa mereka di antara empat siswa yang telah dikeluarkan dari dalam goa pada misi penyelamatan hari pertama, Minggu (8/7/2018) lalu.

Baca juga: Evakuasi Remaja Thailand Keluar dari Goa Dihentikan Sekitar 10 Jam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com