Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembunyikan 44 Emas Batangan di Dalam Mobil, Pria Hong Kong Ditahan

Kompas.com - 10/07/2018, 00:12 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

HONG KONG, KOMPAS.com - Seorang pria asal Hong Kong ditahan petugas bea dan cukai setelah kedapatan menyembunyikan sebanyak 44 emas batangan senilai 11,9 juta dolar Hong Kong di dalam mobilnya. Diduga pria tersebut berniat menyelundupkan logam mulia itu ke China.

Melansir dari SCMP, insiden percobaan penyelundupan emas dilaporkan terjadi ketika pria yang mengemudikan mobil diberhentikan saat melewati perbatasan Teluk Shenzhen pada 3 Juli lalu.

Saat mobil tersebut diperiksa, petugas menemukan emas batangan seberat total 44 kilogram yang disembunyikan dalam bagasi rahasia di sandaran tangan di dalam mobil.

Baca juga: Berlian dan Emas Bernilai Rp 5 Triliun Jatuh dari Pesawat Kargo

Petugas bea cukai China daratan mengatakan, pengemudi mobil telah mengaku mengetahui adanya emas batangan di dalam mobilnya dan kini telah ditahan.

Kasus penyelundupan emas di China bukan baru kali ini terjadi. Para pelaku penyelundupan bahkan semakin aktif berupaya membawa masuk logam mulia melintasi perbatasan Hong Kong menuju China daratan dalam beberapa bulan terakhir.

Di China, pelaku penyelundupan emas diancam dengan hukuman penjara mulai dari lima tahun hingga seumur hidup, tergantung dari beratnya kasus.

Pada bulan Desember tahun lalu, petugas bea cukai di perbatasan telah menahan seorang tersangka penyelundup. Tepatnya pada 10 Desember 2017, petugas perbatasan Hong Kong menghentikan seorang sopir di pos pemeriksaan Lok Ma Chau dan menemukan 11 batang emas.

Empat hari sebelumnya, petugas di China dilaporkan juga menghentikan seorang sopir berusia 31 tahun di perbatasan Teluk Shenzhen yang kedapatan membawa sebanyak 35 kilogram emas batangan.

Perbatasan Teluk Shenzhen memang menjadi titik masuk populer bagi para penyelundup, tak terkecuali yang membawa emas batangan.

Pada 2016, petugas perbatasan Hong Kong telah menghentikan dan menangkap seorang pria berusia 34 tahun yang membawa emas senilai 11 juta dolar Hong Kong (sekitar Rp 20 juta).

Baca juga: Demi Dapat Emas Batangan, Turis Santap 1,2 Kg Serangga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com