Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Penyelamat Kembali Keluarkan 4 Remaja Thailand dari Goa

Kompas.com - 09/07/2018, 19:59 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MAE SAI, KOMPAS.com - Tim gabungan Angkatan Laut Thailand dan para penyelam profesional dari seluruh dunia kembali menyelamatkan anggota tim sepak bola remaja yang terjebak di goa.

Diwartakan Straits Times Senin (9/7/2018), remaja pertama keluar dari Goa Tham Luang pada sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Kemudian remaja kedua dan ketiga berhasil keluar dari mulut goa pada pukul 18.30. Kemudian remaja keempat diangkat 30 menit kemudian.

Baca juga: 4 Remaja Berhasil Dikeluarkan dari Goa di Thailand

Total, tim penyelamat berhasil mengeluarkan delapan orang dari 13 orang yang terperangkap di dalam sejak 23 Juni lalu.

Adapun empat orang remaja pertama dievakuasi pada operasi pertama yang berlangsung pada Minggu (8/7/2018) waktu setempat.

Saksi mata berkata, mereka semua ditandu menuju ke ambulans, kemudian dibawa ke pangkalan udara di mana menunggu helikopter.

Helikopter bakal membawa anggota tim sepak bola Mu Pa (Wild Boar) menuju Rumah Sakit Chiang Rai Prachanukroh yang terletak 70 kilometer dari goa.

Dalam laporan media lokal Thailand, ada kemungkinan empat remaja tersisa dan pelatih mereka bakal dikeluarkan pukul 20.30 waktu setempat.

Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha dilaporkan sudah mendarat di Chiang Rai untuk melihat langsung proses penyelamatan.

Namun, diberitakan The Guardian, Chan-o-cha lebih memilih berada di Chiang Rai agar tidak mengganggu jalannya proses evakuasi.

Sebelumnya, ke-13 anggota tim dan pelatih yang bernama Ekapol Chanthawong ditemukan pada Senin (2/7/2018) oleh dua penyelam asal Inggris.

Setelah ditemukan, Chiang Rai menggelar operasi untuk menyelamatkan mereka dari dalam goa yang terbilang rumit dan berbahaya.

Selain kondisi lorong goa yang naik turun, berkelok serta beberapa bagian sangat sempit, air yang begitu gelap membuat pandangan penyelam sangat terbatas.

Para anggota tim tersebut juga tidak bisa berenang ataupun menyelam sehingga para penyelam harus mengajari mereka teknik bernapas dan menyelam.

Operasi ini mengerahkan 90 orang penyelam yang 40 di antaranya merupakan penyelam lokal serta anggota tim elite SEAL AL Thailand.

Baca juga: Begini Fakta Geografis Goa Tempat Tim Sepak Bola Remaja Terjebak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com