Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Remaja yang Lolos dari Goa Boleh Bertemu Keluarga, tapi...

Kompas.com - 09/07/2018, 17:53 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MAE SAI, KOMPAS.com - Otoritas Thailand mengatakan keempat remaja anggota tim sepak bola Mu Pa (Wild Boar) yang keluar dari Goa Tham Luang diperbolehkan bertemu orangtuanya.

Namun, keempat remaja itu tidak diizinkan untuk bersentuhan fisik dengan orangtuanya karena mereka masih melewati pemeriksaan lanjutan.

Keempat remaja tersebut berhasil keluar setelah militer dan penyelam profesional seluruh dunia menggelar operasi pada Minggu (8/7/2018).

Baca juga: Kondisi 1 dari 4 Remaja yang Keluar dari Goa Mengkhawatirkan

Dr Tongchai Lertwilairattanapong, Inspektur Departemen Kesehatan Thailand berujar, keempat remaja itu bisa bertemu keluarganya Senin (9/7/2018).

Tapi, dilansir The Straits Times via The Star, mereka hanya diizinkan bertemu dengan keluarga dalam jarak dua meter.

"Tidak diperbolehkan menyentuh, apalagi memeluk hingga hasil pemeriksaan darah dari laboratorium keluar," kata Lertwilairattanapong.

Selain pemeriksaan darah, para remaja tersebut juga menjalani tes urin, serta melakukan pemeriksaan sinar X paru-paru mereka.

Tim medis ingin memastikan keempat remaja yang berhasil keluar itu terbebas dari infeksi serius seperti leptospirosis maupun meliodosis.

Sementara itu, tim penyelamat telah kembali menggelar fase kedua operasi penyelamatan pada Senin siang waktu setempat.

Tim evakuasi yang dipimpin penyelam internasional bertugas untuk membawa keluar sembilan orang tersisa dari Goa Tham Luang.

Gubernur Chiang Rai sebagai ketua tim penyelamat, Narongsak Osottanakorn berujar, persiapan mereka untuk mengevakuasi anggota tim tersisa berjalan baik.

"Segala peralatan sudah tersedia. Tabung-tabung oksigen juga disiapkan. Saya bakal menunggu kabar baik dari tim," kata Osottanakorn dilansir AFP.

Sebelumnya, ke-12 remaja dan seorang pelatih mereka terjebak di Goa Tham Luang sejak 23 Juni, dan baru ditemukan Senin pekan lalu (2/7/2018).

Tim penyelamat harus bergelut dengan waktu karena hujan yang datang dikhawatirkan bakal semakin menggenangi goa sehingga menyulitkan proses evakuasi.

Baca juga: Begini Fakta Geografis Goa Tempat Tim Sepak Bola Remaja Terjebak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com