Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Steve Irwin, Sang "Crocodile Hunter"

Kompas.com - 09/07/2018, 17:07 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

KOMPAS.com - Bagi penggemar acara yang menampilkan kehidupan hewan di alam liar seperti buaya, ular, dan hewan-hewan lainnya, Anda pasti tak asing dengan Steve Irwin.

Pria yang pernah memenuhi acara dokumenter The Crocodile Hunter di televisi menjadi dikenal dunia karena keberaniannya menangkap buaya.

Irwin memimpin para penonton televisi untuk mempelajari secara dekat hewan mematikan dan langka di Australia, Asia dan Afrika.

Dia mendedikasikan hidupnya untuk meneruskan gairah melindungi reptil liar Australia melalui Kebun Binatang Australia.

Namun, dia harus kehilangan nyawa pada usia 44 tahun karena tertusuk ikan pari pada bagian dadanya.

Masa muda

Stephen Robert Irwin lahir di Melbourne, Australia, pada 22 Februari 1962. Dia dibesarkan di sebuah taman margasatwa milik orangtuanya, yang kini dikenal sebagai Kebun Binatang Australia.

Begitulah dia membangun kecintaannya pada binatang. Meski tidak memiliki gelar ilmiah, tapi dia tumbuh sambil mempelajari dan merawat hewan.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Sir Stamford Raffles, Penulis Sejarah Jawa

Steve Irwin menangkap buaya dalam film The Crocodile Hunter: Collision Course, pada 2002. (Courier Mail) Steve Irwin menangkap buaya dalam film The Crocodile Hunter: Collision Course, pada 2002. (Courier Mail)
Dia belajar menangani buaya kesayangannya, dan tidak seperti anak-anak lainnya, dia bahkan mendapat hadiah ulang tahun berupa ular piton.

Pada 1970, keluarganya pindah dari Victoria ke Queensland, di mana kedua orangtuanya, Bom dan Lyn Irwin, mendirikan Taman Reptil Beerwah seluas 1,6 ha.

Irwin kecil menemani ayahnya dalam ekspedisi menangkap kadal, ular berbisa, dan buaya.

Dia juga merawat dan merehabilitasi hewan terluka lainnya seperti kanguru, wallaby, dan burung.

Pada usia 9 tahun, Irwin ikut ekspedisi program pengaturan buaya oleh pemerintah untuk memindahkan aligator itu ke suaka margastawa, karena jumlah populasinya yang makin menurun.

Awal 1980-an, Irwin menjalankan program tersebut sendirian. Terkadang, dia harus menghabiskan waktu berbulan-bulan di semak untuk menangkap binatang.

Kemampuan menangkap buaya besar dan paling berbahaya makin terasah sehingga dia mendapat reputasi sebagai "penangkap buaya" terkenal di Australia.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Pierre Culliford, Ayah Para Smurf

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com