Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Campakkan 2 Pelanggan Mabuk, Restoran di Australia Didenda Rp 23 Juta

Kompas.com - 09/07/2018, 15:57 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Sebuah restoran barbeku Korea di Sydney, mendapat denda hingga 2.200 dolar Australia, sekitar 23,5 juta.

Penyebabnya, restoran yang berada di kawasan Sussex Street tersebut mencampakkan dua pelanggan wanita yang tengah mabuk di jalanan.

BBC memberitakan Senin (9/7/2018), kejadian tersebut berlangsung pada 9 November 2017. Saat itu, tiga orang perempuan masuk ke dalam Gangnam Station.

Baca juga: Kepala Stasiun Mabuk, Perjalanan Kereta di India Terganggu

Dari keterangan Badan Judi dan Minuman Keras Sydney (ILGA), ketiga perempuan tersebut memesan soju, dan masing-masing meminum delapan gelas hanya dalam waktu 35 menit.

Sydney Morning Herald melansir, meski sudah ada tanda-tanda bahwa ketiga pelanggan itu mabuk, staf restoran tetap menyajikan soju.

Pukul 20.35 waktu setempat, dua dari tiga perempuan itu mulai ambruk ke lantai, dan tidak sadar akibat terlalu mabuk.

Pegawai restoran kemudian membawa salah satu perempuan itu, dan membuangnya di jalan. Sedangkan wanita yang kedua muntah saat hendak dibawa keluar.

Ambulans dipanggil setelah polisi yang tengah berpatroli menemukan mereka berkat kerumunan para pejalan kaki di trotoar tempat dua perempuan itu dibuang.

Direktur Kepatuhan ILGA, Sean Goodchild bersama Kepolisian New South Wales (NSW) menyelidiki insiden tersebut, dan menjatuhkan denda.

Selain denda, jam tutup restoran tersebut diusulkan dikurangi dari yang sebelumnya pukul 02.00 dini hari menjadi 00.00 tengah malam.

Kemudian Kepolisian NSW juga mengajukan proposal agar restoran mempekerjakan petugas keamanan terlatih yang bertanggung jawab jika ada pelanggan mabuk.

Goodchild berkata, Gangnam Station telah melakukan pelanggaran alkohol yang serius, dan tidak memperhatikan kesehatan dan keselamatan pelanggan.

"Sangat membayangkan ada restoran yang gagal memenuhi kewajibannya untuk mencegah penyalahgunaan alkohol," kata Goodchild.

Baca juga: Pantai Tercemar Alkohol dari Pabrik Miras, Puluhan Burung Camar Mabuk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com